AutoCAD 3D Sub-object

Pada AutoCAD 2007, terjadi perubahan besar pada 3D modelingnya. AutoCAD tidak lagi menggunakan kernel ACIS untuk 3D modeling. Sehingga banyak hal yang dulu tidak bisa dilakukan oleh 3D modeling AutoCAD, sekarang dapat dilakukan dengan mudah. Sepertinya perubahan ini paling mengesankan bagi pengguna AutoCAD. Bisa dilihat dari polling di blog ini yang menyatakan perubahan AutoCAD terbaik adalah dari AutoCAD 2006 ke 2007!

Salah satu perubahan yang cukup besar adalah solid history, dan modifikasi pada level sub-object.

Apa itu sub-object? Sebuah objek 3D dibentuk oleh 3 sub-object, yaitu vertex (vertices), edge, dan face. Di AutoCAD sekarang, kita dapat melakukan modifikasi dengan mengklik grip pada setiap sub-object. Caranya adalah dengan memilih lebih dahulu object atau sub-object, dan mengklik dan drag grip yang tampak.

Vertices

Vertice dapat dipilih dengan mengklik objeknya saja. Object berikut ini dibentuk dari rectangle yang diextrude. Perhatikan bahwa pada bagian dasar, yaitu rectangle, akan tampak 4 vertices yang tadinya membentuk rectangle. Lalu satu grip berbentuk panah pada bagian atas. Grip ini menunjukkan extrusion!

Edge

Edge dapat dipilih dengan menahan [ctrl] sebelum mengklik edge. Agak sedikit tricky, anda mungkin harus menekan [space] sambil tetap menahan [ctrl] untuk ‘cycling’ objek-objek yang berdekatan.

Face

Face atau sisi juga dapat dipilih dengan menahan [ctrl]. Perhatikan bahwa meski object ini dibentuk dengan meng-extrude ke atas, kita dapat mengubah ukurannya ke samping.

Menurut saya pribadi, ini memang perubahan cukup besar. Dulu kalau salah ukuran, kita harus membuat objek lagi dan keduanya di union atau subtract. Sekarang tidak perlu lagi. Terutama solid history, sangat membantu. Belum lagi kalau kita bicara kualitas rendering di AutoCAD sekarang!







  • muhammad umar

    pak giman cara membagi koordinat atau memperkecilnya