ACM Component

Salah satu fitur dari AutoCAD Mechanical (ACM) adalah mechanical structure. Dengan mechanical structure, kita dapat mendefenisikan component part dan assembly. Component mirip dengan block di vanilla AutoCAD, namun memiliki beberapa kelebihan, antara lain anda dapat membuat BOM (bills of material), Di sini, akan dibahas bagaimana membuat part component dan assembly component, lalu membuat BOM dari assembly tersebut.

Anda dapat menggunakan data anda sendiri, atau download file latihan ini di sini. Saya akan bahas pembuatan component ini secara step-by-step. File latihannya sangat sederhana, hanya 2 part. Jika anda ingin yang lebih kompleks, anda dapat praktekkan dengan file anda sendiri.

  1. Bukalah file bolted_connection.dwg. Jika anda belum melihat mechanical browser di ACM anda, ketik AMBROWSER [enter]. Ketik ON [enter].
  2. Pada area kosong di browser, klik kanan. Pilih new>component… dari context menu. Ketikkan nama part yang sesuai atau terima nama default COMP1. Tekan [enter]. ACM akan menanyakan view komponen ini, default awal adalah TOP. Ketikkan samping, [enter].
  3. Pilihlah objek part di bawah. Pastikan anda memilih seluruh objeknya. Terakhir anda diminta memilih base point. Defenisikan base pointnya.
  4. Perhatikan bahwa part anda telah di defenisikan untuk part ini pada browser. Lakukan hal yang sama untuk part satunya.
  5. Sekarang anda akan mendefenisikan assembly. Caranya sebetulnya sama persis. Namun yang perlu anda lakukan adalah memastikan anda memilih part, bukan geometrinya. Coba anda klik satu kali part yang di bawah. Anda akan lihat yang terpilih adalah satu objek geometri. Klik sekali lagi, maka seluruh part akan terpilih. Cara kedua adalah dengan mengklik tombol BTM-UP pada drafting settings. Tombol ini akan berubah tulisan menjadi TOP-DN. Tekan [esc] sampai tidak ada objek yang dipilih. Coba anda klik satu kali pada part. Seluruh part akan dipilih. Klik sekali lagi, maka objek geometri yang terpilih.
  6. Ulangi membuat komponen baru, beri nama komponennya ASSY. Pilihlah kedua part. Pastikan anda memilih part! Jika anda memilih geometri, maka komponen akan menjadi part. Jika anda memilih part, komponen akan menjadi assembly. Anda akan melihat struktur assembly anda seperti ini. Icon assembly berbeda dengan icon part.
  7. Sekarang kita akan membuat part list. Klik kanan pada icon assembly. Pilih create assembly BOM dari context menu. Sebuah dialog akan terbuka. Di bagian atas terdapat beberapa icon. Klik icon insert part list. Dialog baru akan terbuka.
  8. Klik insert column di dialog baru ini. Pilih name, dan klik OK. Klik kolom standard satu kali, klik remove column. Klik kolom material, dan klik remove column. Klik OK dan letakkan part list pada area gambar.
  9. Anda akan kembali ke dialog BOM. Klik ballooning. Ketik A [enter] untuk memilih autoAll. Pilih kedua part lalu [enter]. Letakkan baloon pada area yang diinginkan.
  10. Anda akan melihat hasil akhir seperti berikut.
  • yadi haryadi

    it’s a good blog

  • Dedi

    very useful information!