Menggunakan AutoCAD Custom Hatch

Saya mendapat pertanyaan seperti ini:

saya udah download hatch pattern dengan extention PAT,untuk nambah koleksi hatch saya mas… tapi saya bingung untuk menggunakannya mas….

Pattern standard di AutoCAD memang sering kurang memuaskan kita. Untuk itu kita nanya-nanya ke mbah Google di mana kita bisa dapat pattern tambahan. Akhirnya kita bisa download file .pat untuk tambahan koleksi kita. Tapi untuk menggunakannya bagaimana?

Hal pertama yang harus anda pahami adalah, AutoCAD akan mencari file pattern pada lokasi yang didefenisikan. Agar anda dapat menggunakannya, anda dapat mengkopi file itu ke lokasi yang didefenisikan atau anda mendefenisikan lokasi baru. Misalnya di d:\koleksi_patternku\.

Lokasi default ini dapat anda temukan dengan membuka option, dari menu tools>option. Pada TAB files, klik tanda (+) di sebelah Support File Search Path. Perhatikan bahwa di komputer saya, file pattern ada di sini:

C:\Documents and Settings\Edo\Application Data\Autodesk\AutoCAD 2009\enu\Support\pats

(Struktur path ini akan berbeda jika anda menggunakan Windows Vista, dan tentu saja di komputer anda akan berbeda, tergantung username)

Kopikan file pattern anda ke folder ini dengan Windows Explorer, atau tambahkan path dengan mengklik Add di kanan dialog option. Sekarang pattern anda dapat anda gunakan. Anda mungkin harus menutup dan membuka kembali AutoCAD agar AutoCAD dapat membaca path tersebut.

*Salah satu blog Indonesia yang menyediakan koleksi pattern adalah http://indodrafter.blogspot.com/

  • http://arsitekk.blogspot.com Kamal Komaludin

    hal ini pernah terjadi waktu saya masih belajar CAD r.2000, untuk lebih gampangnya,pattern yang kita punya dicopy ke acad.pat dan acadiso.pat, atau kalo kita sudah punya acad.pat dan acadiso.pat yang sudah disusun tinggal copy paste ke file support C:\Documents and Settings\user\Application Data\Autodesk\AutoCAD 2006\R16.2\enu\Support

  • http://tentangcad.com Edo

    Terima kasih atas masukannya :). Betul, cara ini juga dapat digunakan.
    Saya tidak terlalu menyarankan cara ini untuk digunakan. Karena jika kita harus re-install AutoCAD karena suatu sebab, maka file acad.pat dan acadiso.pat kita akan ditumpuk oleh file standard. Kustomisasi kita akan hilang, kalau lupa buat backup, repot juga.
    Jika ingin menggunakan cara ini, sebaiknya file acad.pat dan acadiso.pat tidak diletakkan pada folder default. Misalnya di server atau di d:\libraryku\pattern\.

  • dany

    mas boleh tau situs-situs yang nyediain hatch selain yang diatas

  • http://7designinterior.blogspot.com/ ridha

    salam kenal…nice trik…

  • Boink

    TQ ya atas infonya mudah2an di upgrade+update lgai ya !!

  • ivan

    salam kenal ya mas :)
    kalo ingin bikin motif genteng pke autocad caranya bagaimana yah ?
    soalnya selama ini saya membuat model genteng dengan tekstur polos aja, jadi kurang menarik.
    apakah hatch bisa diaplikasikan dalam bentuk 3D.
    Mohon pencerahan nya untuk saya yang cupu ini :)