Menggunakan AutoCAD Custom Hatch

Saya mendapat pertanyaan seperti ini:

saya udah download hatch pattern dengan extention PAT,untuk nambah koleksi hatch saya mas… tapi saya bingung untuk menggunakannya mas….

Pattern standard di AutoCAD memang sering kurang memuaskan kita. Untuk itu kita nanya-nanya ke mbah Google di mana kita bisa dapat pattern tambahan. Akhirnya kita bisa download file .pat untuk tambahan koleksi kita. Tapi untuk menggunakannya bagaimana?

Hal pertama yang harus anda pahami adalah, AutoCAD akan mencari file pattern pada lokasi yang didefenisikan. Agar anda dapat menggunakannya, anda dapat mengkopi file itu ke lokasi yang didefenisikan atau anda mendefenisikan lokasi baru. Misalnya di d:\koleksi_patternku\.

Lokasi default ini dapat anda temukan dengan membuka option, dari menu tools>option. Pada TAB files, klik tanda (+) di sebelah Support File Search Path. Perhatikan bahwa di komputer saya, file pattern ada di sini:

C:\Documents and Settings\Edo\Application Data\Autodesk\AutoCAD 2009\enu\Support\pats

(Struktur path ini akan berbeda jika anda menggunakan Windows Vista, dan tentu saja di komputer anda akan berbeda, tergantung username)

Kopikan file pattern anda ke folder ini dengan Windows Explorer, atau tambahkan path dengan mengklik Add di kanan dialog option. Sekarang pattern anda dapat anda gunakan. Anda mungkin harus menutup dan membuka kembali AutoCAD agar AutoCAD dapat membaca path tersebut.

*Salah satu blog Indonesia yang menyediakan koleksi pattern adalah http://indodrafter.blogspot.com/