Dynamic Block Visibility

Dynamic Block memiliki banyak parameter dan action. Kebanyakan berupa action yang biasa anda lakukan dengan command AutoCAD. Stretch, rotate, move, dan sebagainya. Tiap action terkait dengan parameter. Jika anda belum memahami hubungan keduanya dapat mempelajarinya di sini dan di sini. Di bagian ini saya akan membahas parameter visibility. Parameter ini bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Intinya, anda dapat menentukan elemen block mana yang ditampilkan, dan mana yang tidak pada setiap visibility states.

Untuk langkah pertama, buatlah block pintu seperti berikut ini.

Setelah jadi, pilih block, klik kanan, pilih block editor dari context menu.

Sekarang kita akan menambahkan parameter. Klik visibility parameter dari block authoring palletes. Letakkan di sebelah kiri pintu anda, atau tempat lain yang anda inginkan. Perhatikan di kanan atas, sekarang toolbar visibility states telah aktif.

Klik manage visibility states. Rename VisibilityState0 menjadi Plan. Dan tambahkan satu visibility state lagi, yaitu elevation. Klik OK untuk menutup dialog yang terbuka.

Pastikan visibility state yang aktif adalah Elevation. Klik make invisible dan pilihlah semua objek yang membentuk gambar pintu anda. Gambar pintu denah anda akan hilang.

Gambarlah pintu anda tampak depan. Pastikan bahwa anda menggambar dari titik acuan yang sama, dengan ukuran yang sama! Ingatlah bahwa titik insert adalah titik 0,0 di block editor. Jika anda ragu, anda dapat mengklik visibility mode untuk melihat objek yang disembunyikan pada visibility state ini. Objek yang disembunyikan akan tampak transparan.

Ujilah dengan mengubah visibility state pada toolbar, lihat apakah parameter ini sudah bekerja seperti yang anda inginkan. Jika sudah klik close block editor, dan klik yes saat AutoCAD menanyakan apakah anda ingin menyimpan perubahan yang anda buat.

Sekarang block anda sudah jadi!

  • wiro

    dear Mas edo

    Thx banget atas turorialnya, apalagi bagi saya yang agak sulit untuk memahami file2 helpnya cad. maklum inggrisnya pas pasan. tapi dengan tutorial ini cuma 5 menit langsung bisa.

    thx

    wiro

  • Edo

    Sama2 Wiro, senang bisa membantu…