Dinding Panel Beton di Revit

Ada satu hal yang menarik saya dapatkan saat memberikan training minggu ini: Bagaimana kalau dinding saya merupakan dinding dari sistem panel beton? Bukan dinding biasa, dan bukan curtain wall. Saya juga ingin agar jumlah panel dan tipe panel dapat di report pada drawing dan schedule. Berikut komponen dan detailnya. Saya pikir, kenapa tidak? Sesudah mencoba membuat family sendiri, saya berani jawab bisa!

Sebelum melanjutkan, saya ingin sebutkan bahwa cara ini memiliki batasan. Panel yang bisa digunakan hanya untuk panel rectangular. Jika berbentuk lain, sejauh ini saya belum menemukan cara mengatasinya. Mudah-mudahan pada versi selanjutnya dikembangkan Autodesk lebih jauh.

Ini adalah family yang saya buat dari template Metric Curtain Wall Panel.rft. Sebetulnya bisa saja kita tambahkan angkur, kait untuk proses pengangkatan, dan sebagainya. Namun saya hanya menguji dengan membuat sambungan dan beberapa profil.

Concrete Panel

Selanjutnya, di dalam project saya membuat satu tipe curtain wall yang saya buat dari curtain wall:exterior glazing. Hanya ukuran panel dan tipe panel saya ganti dengan yang baru saya buat.

Kemudian saya buat wall dengan tipe ini dengan cara yang biasa.

Sekarang saya sudah punya dinding panel beton!

Menjadi pemikiran saya selanjutnya… seandainya semua produsen komponen bangunan memiliki model Revit sebagai library… Para arsitek dapat langsung menguji bagaimana komponen tersebut jika dipasang di desainnya. Saya pikir mungkin saja. Data photometric lights sudah menunjukkan bahwa arsitek dapat menguji bagaimana efek lighting jika menggunakan brand dan tipe tertentu pada desainnya. Kenapa tidak dinding panel beton? Kenapa tidak model ceiling? Kenapa tidak mungkin… Revit juga menjadi product information modeling?

  • Aras

    sistem pemasangan dinding panel beton ini knokdwon (bonkar pasang) ?
    jika iya apakah efektif untuk direksi keet ?
    mohon di info dimensi dan jenisnya.
    Trimaklasih