Autodesk Knowledge Base

Semasa saya kuliah dulu, langkah andalan saat saya mengalami trouble saat menggunakan AutoCAD adalah install ulang! Kalau sering hang, tidak bisa loading, fatal error, dan lain-lain. Seringkali, menginstall ulang AutoCAD saja tidak menyelesaikan masalah. Yang akhirnya saya lakukan adalah memformat ulang harddisk, dan menginstall ‘from scratch’! Tentu saja, karena dulu pakai software bajakan tanpa license resmi, saya cuek-cuek saja. Menghabiskan waktu, memang… tapi sebagai mahasiswa, saya punya waktu banyak dan data-data saya tidak banyak dan tidak terlalu penting.

Tapi hal ini tentu saja bukan solusi terbaik. Seharusnya merupakan solusi terakhir. Menghabiskan waktu kerja untuk install ulang bukan masalah sepele. Apalagi kalau anda harus menset juga standar perusahaan, library, memindahkan data, dan sebagainya. Lalu harus aktivasi license, dan prosedur-prosedur lain.

Yang harus diingat, masalah ini tidak selalu datang dari program yang anda install. Jadi meski anda memformat ulang sampai 10x, bisa jadi tidak menyelesaikan masalah. Masalah bisa muncul dari hardware yang tidak kompatibel, patch update dari Microsoft, file spesifik, konflik dengan anti virus/spyware, bug dari software, dan banyak masalah lain.

Untuk pertolongan pertama, anda dapat masuk ke situs autodesk.com. Di link, pilih services & support, lalu dari drop down menu, pilih technical support. Anda mungkin harus menunggu browser anda loading sepenuhnya sampai drop down menu muncul. Pada halaman selanjutnya, di bagian product support, anda akan melihat knowledge base. Pilih produk anda yang bermasalah, lalu klik submit. Anda akan melihatĀ  database Autodesk untuk isu-isu yang ada pada produk anda. Lakukan search untuk masalah spesifik anda.

Misalnya AutoCAD anda tidak dapat loading, ada banyak kemungkinan kenapa ini bisa terjadi. Jadi, jangan buru-buru install ulang!