AutoCAD Mechanical vs AutoCAD

AutoCAD Mechanical (ACM) pada dasarnya adalah AutoCAD juga. Tapi berbeda dengan AutoCAD standard, di ACM drafting tools yang disediakan khusus untuk bidang mekanikal. Drafting? Ya ACM memang aplikasi 2D drafting. Tidak seperti Inventor, UG, atau CATIA yang membuat 3D modeling, ACM adalah software untuk drafting mekanikal.

Tentu, anda dapat bekerja seperti biasa anda menggunakan AutoCAD, ditambah fasilitas tools dan library khusus mekanikal.

Perhatikan pada toolbar di atas. Untuk membuat rectangle di ACM disediakan berbagai macam metode. Jauh lebih banyak daripada metode standard AutoCAD yang hanya mampu membuat rectangle dengan menentukan dua point saja. Perhatikan pula bagaimana anda dapat membuat berbagai jenis pola centerlines pada ACM.

Tidak perlu lagi mengubah layer, linestyle dan sebagainya. ACM akan mengaturnya secara default. Anotasi juga merupakan anotasi khusus untuk bidang mekanikal.

Yang mungkin membedakannya jauh dengan AutoCAD biasa, anda dapat bekerja dengan assembly. Anda dapat mendefenisikan part, dan meletakkannya secara berulang-ulang pada assembly anda. Berbeda dengan block di AutoCAD, menggunakan assembly di ACM memungkinkan anda membuat report BOM (Bill of Material). ACM dapat membedakan part dengan nama yang sama, namun tampak dari sisi yang berbeda. Sehingga part yang sama jika ditampilkan dari atas dan samping tidak akan dihitung dua kali.

Lebih jauh, anda dapat membuat ‘hide situation’. Artinya ACM akan mengenali part mana yang harus ditampilkan secara hidden mana yang tidak. Bahkan jika anda geser sekalipun, hidden lines akan langsung diupdate.

Ini jika anda masih bekerja seperti menggunakan AutoCAD. Jika anda ingin lebih mengoptimalkannya lagi, ACM diklaim memiliki 700.000an library standard parts! Jika anda sering membuat screws, bearing, shaft, chain, spring, dan sebagainya, anda dapat menggunakan library saja, tanpa harus menggambar dengan manual! Dan jika anda menggambar screw, ACM akan otomatis membuat hole dengan ukuran yang sesuai pada part anda.

Anda juga dapat melakukan perhitungan FEA (Finite Element Analysis) dengan ACM. Meskipun tentu saja merupakan penyederhanaan secara 2D, namun cukup banyak membantu.

Jika anda banyak bekerja dengan drafting mekanikal, rasanya ACM lebih cocok daripada menggunakan AutoCAD saja.

  • hendrianto

    bisa download sofware nya ngk?

  • Hamganteng

    bagus sekali autocad mechanical ini, boleh dong saya dapatkan software nya, bisa bantu nggak ?

    • bisa saya bantu.. harganya US$ 5.000. paket harus inden sekitar 1 bulan. kemanapun Pak Ham beli di indonesia, ga ada yang cash n carry.. :)

      • pudjihanto

        Apa bedanya Autocad Mechanical dengan MDT ?
        Kalau mau kursus privat, apa bisa bantu dan berapa biayanya >

      • bahtiar abdurrachman

        walah larangee pak