ACM Screw Connection

Screw connection adalah salah satu tool di AutoCAD Mechanical (ACM) yang dapat anda gunakan untuk standard parts. Anda dapat membuat koneksi screw antara dua part dengan wizard, dan part akan ditrim secara otomatis jika diperlukan. Anda sama sekali tidak perlu membuat gambar screw, cukup memilih tipe yang akan digunakan, dan memilih dimana screw akan diletakkan.

Tool ini ada di toolbar AM:Content.

Klik screw connection pada toolbar AM:Content. Anda akan melihat dialog untuk menentukan assembly screw anda. Mirip di Inventor ya? Memang hampir sama dialognya. Hanya saja kita bekerja dengan 2D drawing.

Pilihlah screw, washer, hole, dan nuts yang dibutuhkan dari standard parts library. Kemudian pilihlah ukuran screw yang diiinginkan. Klik Next.

ACM kemudian akan meminta anda mengklik titik-titik acuan, dari mana sampai ke mana hole anda dibuat. Ingatlah, karena ini masih AutoCAD, anda masih menggunakan rule yang sama: selalu perhatikan command line!

Kemudian dialog berikutnya akan mengkonfirmasikan lokasi yang baru saja anda pilih. Klik next jika menurut anda sudah benar, atau lakukan perubahan jika perlu. Klik Next sekali lagi.

Sekarang anda diminta memilih representasi dari screw connection anda. Apakah normal, hidden, sectional, atau hanya ditunjukkan bagian yang diatas. Klik Finish. Sekarang screw connection anda sudah jadi.

Kita lanjutkan sedikit. Jika anda punya screw connection dengan ukuran dan panjang yang sama, anda tidak perlu membuat ulang screw connection. Anda dapat mengkopinya dengan tool ‘powercopy’. Power Copy dapat anda akses dari toolbar AM:Main atau menu modify>power commands>power copy.

Pilihlah screw connection yang baru anda buat. Klik insertion point sebagai lokasi screw connection yang baru. Dan klik sekali lagi untuk mendefenisikan direction. Pada contoh saya ini, direction ke bawah.

Klik mechanical browser atau ketik AMBROWSER untuk membuka browser. Perhatikan bahwa sekarang pada assembly anda dikenali ada dua screw connection. Jika anda kelak butuh untuk membuat BOM report, anda tidak perlu menghitung berapa jumlah screw anda secara manual!

Apakah anda dapat menggunakan tool copy biasa dari AutoCAD? Tentu saja. Tapi part anda tidak akan secara otomatis di trim.

Sekarang kita teruskan lagi. Kita sudah punya gambar screw connection dari depan. bagaimana dengan dari atas? Klik powercopy dari toolbar AM:Main, tahan. Gerakkan pointer anda ke bawah sampai anda menemukan toolbar power view. Lepaskan tombol mouse anda.

Pilihlah screw anda sebelumnya. Sebuah dialog akan menanyakan anda ingin membuat representasi dari atas atau bawah. Kali ini saya pilih TOP. Saya klik di posisi yang saya inginkan, yaitu drawing dari tampak atas. Screw saya akan langsung di gambarkan.

Dengan standard parts di ACM, kita hanya perlu memilih part dan posisinya saja. Sama sekali tidak perlu menggambarnya.

  • Blcksilver

    klo di inventor gi mn bozzz