10 Langkah Efektif Menggunakan AutoCAD

10efektifKebanyakan pengguna AutoCAD mempelajari AutoCAD secara otodidak atau dari buku. Atau mungkin diajarkan oleh senior atau temannya. Salah satu kelemahan dari metode ini, kebanyakan anda menjadi terpaku dengan metode yang diajarkan. Anda akan mengikuti cara yang sama dilakukan oleh buku atau teman anda. Yang sebetulnya belum tentu cara kerja yang optimal. Kadang-kadang, meski anda menggunakan AutoCAD terbaru, anda tetap menggunakannya seperti menggunakan AutoCAD R.14!

Alur kerja AutoCAD berubah seiring dikeluarkannya versi-versi baru. Pada artikel ini saya akan mencoba membahas fitur-fitur yang akan membuat kerja anda lebih efektif.

1. Gunakan Template

Apakah setiap kali membuat file baru, anda selalu mendefenisikan styles (text, dimension, etc), layer, linestyles, dan sebagainya? Jika ya, anda membuang waktu beberapa menit setiap membuat file baru. Anda dapat langsung memperoleh hal-hal itu jika menggunakan template. Atur template standar yang ingin anda load untuk QNEW, dan simpan file-file template anda pada folder tersendiri.

2. Gunakan Text Field

Jika anda memiliki banyak teks yang harus anda ubah berkali-kali, teks field akan sangat membantu. Misalnya setiap kali anda harus mengubah tanggal cetak, nama file, digambar, dan sebagainya. Hal ini dapat anda peroleh secara otomatis dengan text field. Dan anda bahkan dapat menyimpan variabel tertentu dalam template.

3. Gunakan Dynamic Blocks

Jujur saja, awalnya saya membenci dynamic blocks. Menurut saya sangat aneh kalau saya punya block dengan nama yang sama, namun bentuknya berbeda-beda. Misalkan saya punya library pintu, saya beri attribute ‘P1′ untuk keyplan. Namun dengan dynamic block membuat ‘kacau’ karena kodenya sama, namun ukurannya berbeda-beda. Menurut saya, dynamic block sangat mengganggu standard perusahaan dan membingungkan. Namun kemudian saya menemukan bahwa dynamic block dapat berguna. Gunakan dynamic block HANYA untuk keperluan visual, tidak untuk scheduling atau komponen standard. Misalkan seperti dinding bata yang saya buat di tutorial ini.

4. Gunakan Annotation Scaling

Annotation Scaling adalah salah satu fitur favorit saya di AutoCAD 2008. Buatlah annotative styles jika anda sering bekerja dengan beberapa skala sekaligus. Anda akan dapat menjaga teks dan anotasi anda tetap terbaca meski skalanya anda ubah-ubah.

5. Gunakan Layer States

Dalam bekerja dengan AutoCAD, kita sering harus mengubah status layer, entah sekedar on/off, lineweight yang berbeda, linestyles, dan sebagainya. Dengan menggunakan layer states dan layer properties per-viewport, banyak keuntungan yang dapat anda dapatkan. Anda bahkan dapat memiliki satu drawing yang ditampilkan secara berbeda-beda!

6. Gunakan Design Center

Design center bisa dikatakan explorernya AutoCAD. Anda dapat mengkopi block, styles, dan berbagai elemen lain dari satu file ke file lain. Design center juga memungkinkan anda membuat tool palletes dari semua block yang ada pada satu file.

7. Gunakan Block Attributes

Block attributes sebenarnya merupakan ‘tag’ atau kode dari suatu block. Seperti part number, id, dan sebagainya. Namun banyak yang tidak mengoptimalkannya. Dengan menggunakan block attributes, anda dapat menghitung jumlah objek secara otomatis, untuk bill of material/bill of quantity.

8. Gunakan Sheetset

Sheetset merupakan manajemen drawing yang sangat baik untuk diterapkan. Banyak fitur otomatis untuk manajemen drawing yang dapat anda terapkan, seperti title block, batchplot, dan sebagainya.

9. Gunakan External Reference

External reference atau XREF dapat mengatasi banyak hal. Gunakan XREF jika anda memiliki desain yang kompleks, dan pisah menjadi beberapa drawing. Lebih baik anda menggunakan XREF daripada block, jika menginginkan bentuk tipikal anda berubah secara otomatis. XREF memungkinkan beberapa desain diubah secara simultan, karena berupa file-file terpisah. Anda juga dapat bekerja dalam mm untuk desain detail, dan m atau km untuk siteplan. Jika anda menggunakan koordinat global, anda akan membutuhkannya… karena pada area yang luas bekerja dengan mm akan mengakibatkan masalah.

10. Bacalah New Features Workshop

AutoCAD versi baru tentu memiliki fitur baru. Merupakan hal yang bijak untuk menyisihkan sedikit waktu untuk melihat new features workshop. Siapa tahu ada fitur baru yang anda butuhkan.

  • http://udaaf.multiply.com UdaAf

    Mas Edo saya punya tambahan. Ntu juga kalo boleh :). Mungkin fungsi design center bisa dialihkan ke TOOLPALETTES. Peletakan block lebih terstuktur jika dibandingkan design center. Maju terus. Tetep semangat Ya :)

  • http://tentangcad.com Edo

    Makasih buat masukannya Uda Af… Ini memang ‘top ten’ persenjataan produktifitas AutoCAD. Tool palletes ada di urutan ke-11 :D Saya lebih mengutamakan design center karena tidak hanya untuk block, tapi juga styles, layers, linestyles, dll.

  • http://cadesu.multiply.com/ Adesu

    Kalau saya malah sering menggunakan “Xref”, sangat jarang menggunakan “Dynamic block” ataupun block. kenapa saya suka menggunakan xref, ada beberapa alasan saya mengunakan itu, pertama gambar saya sangat komplek (menurut ukuran/pendapat saya)yaitu gambar layout pabrik, yang mencakup gambar detail seluruh isi sebuah pabrik, dari segala macam/type mesin sampai jalur telepon, furnitur.
    Kedua dengan kita menggunakan xref sistim gambar kita menjadi kecil memorinya, gambar layout pabrik cuma 800 kb, tetapi bila di jadikan konvensional bisa lebih dari 10 Mb, hal ini akan memperlama proses zomm.ketiga ketika kita melakukan edit lebih mudah dan praktis, bisa anda bayangkan kalau saya masih model konvensional, bila edit 100 komputer itu berarti harus 100 kali edit, ini adalah pekerjaan yang sangat membosankan, tapi dengan teknik xref, kita cukup membuka gambar utama dan langsung di edit, maka seketika itu pula gambar yang ada di layout pabrik seluruh gbr tsb akan meng update secara otomatis, sangat menyenangkan.
    Dan terakhir gambar saya sudah menggunakan programisasi dengan lisp.

  • http://tentangcad.com Edo

    Block dan XREF punya fungsi masing2. Pendeknya kira2 begini… block itu library. Jadi untuk objek yang standard dan dipakai berulang2… block lebih praktis. XREF itu overlay. Kalau waktu jaman menggambar manual dulu, kita membuat gambar di beberapa kertas transparan… lalu kita tumpuk jadi satu. XREF digunakan untuk gambar yang ditampilkan beberapa kali pada desain spesifik.

  • http://www.igun.web.id @kang i-GUN

    Ada release baru, ada fitur baru, terkadang males juga untuk merubah kebiasaan. Jadinya kalu keluar yang baru males juga liat-liat new features nya.

    makasih tipsnya mas

  • suwarno

    buat mas Edo ada ngga fasilitas browse xref diautocad 2008 klo ada gimana caranya, karean saya udah mencari sampe pusing nih mas.thank atas bantuanya

  • http://tentangcad.com Edo

    XREF sekarang dapat dibrowse dengan tool pallete. Ketik saja XREF [enter], maka tool pallete XREF akan muncul.

  • http://www.ttrue.multiply.com fadjar

    saya sangat awam tentang autocad,oleh karena itu saya sangat berminat untuk mempelajarinya!bisa tampilkan code-codenya….?please ya….!!!

  • gogok daud

    Salam kenal, mas-mas yg baik sekalian, gimana sih cara mengahapus / remove block??
    tks

  • supri

    Mas Edo Thanks yaa
    Banyak yang nggak tahu euy..:)

  • http://www.accessoriesmotocross.com dody

    mohon tutorial rendering ala autocad tp hasilnya seperti vray…
    makasih selama ini anda telah membantu saya dalam proses belajar autoCAD… teeeeerrrriiiiiimmmmaaaa kasihhhhhhhh

  • rosi imut

    dimana ya saya bisa mendapatkan cad?

  • Arief Kurniawan

    Mas Edo, saya dengar ada AutoCAD portable. Maksudnya apa ya? Apa kelebihan dan kekurangannya? Terima kasih.

    • http://tentangcad.com Edo

      Saya juga baru dengar kalau AutoCAD ada versi portablenya. Tapi terus terang saya meragukan. Versi portabel berarti tidak harus diinstal, bisa disimpan di USB. Artinya konfigurasi tidak disimpan pada registry, tapi pada file .ini.
      AutoCAD butuh banyak prerequisite seperti directX, .net framework, dan sebagainya. Kalau prereq tidak terpenuhi, tidak akan jalan. Mungkin bisa, tapi tidak optimal. Mungkin itu cuma tiruan dari AutoCAD. Kalau ada versi trial, coba saja dulu.

      • Damiry

        Klo boleh ak mao sok tahu dikit nech… pdhal ak jg br pemula. ak dah pernah nyoba autocad portable, tp tool drawing nya ga lengkap. bahkan wktu di coba d command line pun ga bisa..

  • roni

    pa edo say mo nanya donk aku pakai autocad 2008 , sya coba command convert to solid ato sebaliknya ko ga bisa ya knapa tuh pa? thanks

  • GALANG BAYU PRADITA ( ENGINEER)

    mas saya bisa ga minta di kirimi perintah-peritah pada autocad.tapi dalm bentuk singkatanya?mil kalau bwat garis kan line?singkatanya L.blh ga saya minta yang laenya lg yg lbh bnyak?thanks

  • daroel

    Salam Sejahtera para sesepuh dan master Cad Indonesia , berkibarlah CAD ku,..bangun Indonesai

  • herry

    maju jaya auto cad sei iring dengan perkembangan industri masa ini ,,,,,? dan persaingan Global yg semakin sengit dgn negara lain ,,,,majulah INDONESIAKU…………..

  • Dodot

    Pak edo numpang tanya,Sy dngr ada master load untuk auto cad, maksudny pa ya?tq

  • brown

    tolong diinformasikan tentang auto cad 3D

  • fadly

    terima kasih……..sy sangat terbantu dengan adanya situs ini tidak lupa pula kepada penyedianya………

  • muhammad taufik

    cara mengktivkan autocad 2008 bagai mana ya dengan cara manualnya