Revit Title Line

Salah satu masalah yang kurang disukai di Revit adalah title line. Revit secara default akan membuat line selebar viewport, bukan sepanjang text yang biasa dilakukan.

Viewport Title Line

Ada dua cara untuk mengakali hal ini. Masing-masing punya plus-minus. Terserah anda menggunakan yang mana.

Yang pertama dapat anda lakukan adalah mengklik border viewport, dan meng-‘klik dan drag’ grip dari title line. Rasanya ini cara yang paling mudah. Tapi masalahnya, terkadang kita mengubah judul view. Dan panjang title line tidak akan otomatis mengikuti panjang teks yang baru.

Kedua, ini sebetulnya cara ‘old school’ di AutoCAD dulu, membuat agar title text diberi underline. Namun kelemahannya, title line jadi sering tidak sama tebalnya dengan line pada reference bubble. Tapi tidak ada salahnya kita coba, siapa tahu anda lebih menyukainya.

  1. Buka file M_View Title w Sheet.rfa di folder metric library anda. Ini adalah default dari Revit.
  2. Pilih label view name.
  3. Klik properties di option bar.
  4. Klik edit/new pada dialog yang terbuka.
  5. Klik duplicate pada dialog berikutnya. Berikan nama ‘6 mm w line’. Klik OK.
  6. Move text tersebut sampai underline menempel pada line di dalam lingkaran bubble. Jika tidak, underline kita tidak akan tampak menyatu.
  7. Aktifkan parameter underline. Klik OK sampai semua dialog tertutup.
  8. Simpan family ini dengan save as. Berikan nama M_View Title w underline.rfa.

Sekarang kita bisa pakai view title ini. Masalah berikutnya adalah, kita harus menset ulang parameter seperti di bawah ini, setiap membuat project baru. Untuk menghindarinya, kita akan buat, dan simpan sebagai template.

  1. Buka file project baru. Load family yang anda buat tadi ke sini.
  2. Buat sheet baru, dan drag salah satu view yang ada ke sheet. Jangan khawatir, meski belum ada satupun objek arsitektur, kita tetap dapat melakukan ini.
  3. Pilih view title. Anda akan lihat title w line di type selector. Klik properties.
  4. Klik edit/new pada dialog yang terbuka. Kali ini kita akan mengoverride standard di template. Jadi tidak perlu membuat duplicate.
  5. Ganti parameter title menjadi ‘M_View Title w Underline’. Matikan parameter show extension line. Klik OK sampai semua dialog tertutup.
  6. Ujilah title line ini dengan menambahkan view ke sheet, dan mengubah nama view.
  7. Jika sudah, hapus sheet yang anda buat. Save as file ini ke format rte (Revit template). Setiap anda

Satu-satunya masalah, line di dalam bubble tidak sama tebalnya dengan underline text. Ini sangat tergantung dengan jenis text yang anda gunakan. Arial akan menghasilkan underline yang lebih tebal, sementara simplex terlalu tipis.

Terserah anda, mau menggunakan yang mana.