Revit Group

Mungkin sejauh ini anda sudah mulai menikmati menggunakan Revit untuk desain bangunan. Namun yang berangkat dari pengguna AutoCAD akan selalu membandingkan dengan AutoCAD untuk alur kerjanya (workflow). Salah satu yang dicari, mungkin, fitur yang serupa dengan block di AutoCAD. Sewaktu mendesain beberapa bangunan yang tipikal, atau ruangan apartemen/hotel tipikal, anda akan menginginkan cukup mengubah satu ruang saja. Dan lainnya akan otomatis diupdate mengikuti ruangan yang anda edit.

Tentu saja, anda dapat melakukan ini di Revit. Pilihlah objek yang anda inginkan sebagai objek yang disertakan dalam desain tipikal, pilih dari menu edit>group>create group. Berikan nama group yang anda inginkan.

tips: Mungkin 3D view merupakan view paling mudah untuk memilih objek. Terutama jika group anda terdiri dari beberapa level, dan tampak pada beberapa view.

Group dapat anda perlakukan sebagai mana anda memperlakukan objek arsitektur lain. Anda dapat copy, mirror, move, dan sebagainya.

Lalu bagaimana mengedit group? Anda dapat memilih group, dan mengklik edit group pada option bar. Lalu bekerja seperti biasa. Dengan cara ini pula anda dapat menambahkan/mengeluarkan objek ke dalam group. Gunakan toolbar group untuk menambahkan/mengeluarkan objek.

Group Toolbar

Setelah selesai melakukan perubahan, klik finish. Maka semua group akan diupdate mengikuti perubahan yang baru!

Pertanyaan selanjutnya… block di AutoCAD dapat diedit dan diupdate pada file terpisah. Lalu diload ulang untuk mengubah defenisi block. Bisakah di Revit dilakukan hal serupa?

Kalau anda menggunakan Revit 2008 ke atas… ya, bisa. Perhatikan pada project browser, di kategori groups>model. Group yang anda defenisikan ada di sini. Klik kanan pada nama group, pilihlah save group dari context menu. File tersebut dapat anda berikan ke partner kerja, subkontraktor, atau perusahaan lain yang bekerja dengan anda.

Setelah rekan anda selesai merevisi atau melengkapi desain, dengan cara yang sama anda bisa pilih reload dari context menu. Cara ini bisa anda gunakan sebagai alternatif design collaboration selain menggunakan worksets. Jika worksets membutuhkan network untuk bekerja sama, dengan group anda dapat menggunakan USB drive atau mungkin email jika group tidak terlalu besar.







  • Ass.Mas Edo,bagaimana saya usulkan untuk menulis buku tentang Revit,saya kira akan banyak peminatnya dan jika buku Mas Edo keluar saya yang pertama membeli.

  • Edo

    Tunggu saja tanggal mainnya :D
    Ada rencana untuk itu, tapi kalau akhirnya gak ada penerbit yang berminat ya akan saya publish di sini. Tapi memang lebih enak belajar dari buku karena lebih terstruktur, tidak seperti di sini yang berupa catatan-catatan terpisah.

  • Pras

    Mas,
    saya juga mau usul yg sama sm yg diatas untuk buku ajar revit nya,
    trutama yg structure.
    saya pembeli ke2 deh bis yg td.
    tp jgn mhl2 y,
    kacian, anak kos,
    he2
    ;-)
    Infonya sy tunggu y.
    tx

  • cara ngasih rumput di revit

  • dudie

    mas udah terbit belum bukunya???
    minta nih….