Revit Detail Components

Sekarang waktunya untuk lebih serius melakukan detailing di Revit. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, meski idealnya kita membuat semua objek arsitektur di model kita, kadang-kadang hal itu jadi tidak masuk akal. Lebih efektif jika kita menggabungkan teknik modeling 3D, dan menambahkan detail dengan drafting tools.

Contoh yang saya angkat di sini adalah atap. Paling jauh kita dapat mendefenisikan surface pattern. Bubungan dapat diakali dengan roof fascia, tapi tidak terlalu bagus untuk gambar kerja.

Dianimasi berikut ini saya membuat family sendiri, dengan template metric detail component. Satu profil untuk ujung atap, dan satunya untuk bubungan. Untuk bubungan, saya gunakan pada repeating detail. Sementara profil dengan detail component.

Sebetulnya konsepnya tidak sulit. Sangat mirip dengan insert block di AutoCAD. Ini adalah alur kerja (workflow) yang sering saya gunakan untuk memperoleh gambar yang lebih detail. Ada saatnya kita memang butuh untuk membuat 3D sedetail mungkin, namun jika tidak, kombinasi 3D dan 2D dapat lebih optimal.

Menambahkan Detail Components dan Repeating Details

  • rudy

    mad edwin, tolong cara membuat atap yang persis seperti genteng real, gimana caranya..thanks
    selama ini saya membuat atap polos aja tanpa ada corak-corak genteng