Revit Compound Object

Melanjutkan topik sebelumnya, kali ini akan dibahas bagaimana anda dapat mendefenisikan compound objects di Revit. Yang dimaksud dengan compound objects sendiri adalah object yang dibentuk dari beberapa objek lain. Baik berupa lapisan-lapisan, atau sweep dan reveal. Misalnya dinding, terdiri dari beberapa lapis seperti pasangan bata, plester. Dan terkadang diberikan juga reveal berupa tali air. Atau sweep berupa profile.

Contoh dinding yang menggunakan sweep dan reveal, dapat dilihat di posting ini. Dinding terakhir yang diletakkan di animasi itu adalah vertical compound wall.

Objek apa saja yang dapat didefenisikan sebagai compound object? Dinding, lantai, dan atap masuk di kategori ini. Sekarang kita akan coba defenisikan sebuah compound floor.

Aktifkan floor dari design bar. Pada design bar, aktifkan floor properties.

Di kotak dialog yang terbuka, pilihlah salah satu tipe generic floor, lalu klik edit/new.

Di dialog berikutnya, klik duplicate. Kita akan membuat satu tipe compound floor baru. Beri nama ‘lantai dasar’.

Klik edit pada parameter structure.

Sekarang kita akan menambahkan beberapa layer pada compound floor ini. Klik add 3 kali untuk menambahkan 3 lapis struktur lantai. Defenisikan lapis paling atas sebagai function finish 1 [4].

Untuk material, kita akan mulai dari lapis paling bawah. Klik ‘…’ pada kolom material lapis paling bawah. Sebuah dialog baru akan terbuka. Pilih material default di kolom kiri, buat duplikatnya. Beri nama pasir urug.

Pada bagian shading, pilihlah warna putih. Dan matikan pilihan ‘use render appearance for shading’ (di pre-2009 pilihan ini ‘update when AccuRender selection occurs’).  Pada bagian cut pattern, pilih sand. Klik OK. Kita kembali ke dialog sebelumnya. Beri thickness untuk lapisan ini 50.

Lakukan cara yang sama untuk setiap lapis. Anda dapat mencoba mengikuti contoh berikut (klik image untuk memperbesar).

Compound Floor Properties

Jika anda ingin menggunakannya untuk setiap project, simpanlah pada template. Sehingga anda tidak perlu mendefenisikannya setiap memulai project baru.

Kali ini, saat membuat section, anda akan otomatis memperoleh detail compound floor.