Revit Architecture 2009: Semua Orang Bisa Photorealistic Rendering!

Revit 2009 Rendering

Ini mungkin fitur yang paling ditunggu-tunggu pengguna Revit: MentalRay rendering engine! Siapa tidak kenal MentalRay? 3Ds Max menggunakannya. Rasanya tidak ada yang meragukan MentalRay rendering. Menurut saya pribadi, bahkan VRay tidak bisa menyaingi MentalRay. Kelebihan VRay mungkin pada rendering setup yang cepat. Tapi hasil rendering? MentalRay masih lebih baik. Pada awal saya melihat MentalRay rendering di Revit, sempat terbersit rasa kecewa. Menurut saya, ini mah main-main. Terlalu sederhana! Bahkan dibandingkan MentalRay rendering di AutoCAD, masih terlalu simpel. Tapi rasanya saya salah. MentalRay di Revit ternyata tetap powerful, tapi penggunaannya sangat simpel. Rasanya, cukup pantas disebut MentalRay untuk arsitek. Tidak perlu ribet mengatur lighting, atau material seperti di Max. Semua predefined untuk arsitektur! Rasanya saya berani bilang, dengan Revit Architecture 2009, semua arsitek bisa membuat photorealistic rendering!

Material Setup

Material setup di Revit sangat mudah. Mungkin banyak orang merasa tidak perlu lagi membuat material sendiri. Banyak sekali template material yang bisa digunakan! Gak perlu pusing mikir skala pattern dan bump!

Lighting Setup

Lighting di Revit juga mudah. Semua komponen lighting akan memberikan efek cahaya seperti sesungguhnya. Terutama jika menggunakan photometric lights (IES) yang ‘physically correct’. Meski demikian, bisa ada pros dan cons tentang ini. Pro-nya tentu saja setup pencahayaan yang realistik menjadi sangat simpel. Con-nya, kita harus meletakkan artificial light seperti sesungguhnya. Jika butuh 100 lampu, tentu waktu render menjadi sangat lama.Di program lain, hal ini dapat diakali dengan point atau omni light. Dan lampu cukup diberi efek ‘self illumination’. Di Revit bukannya tidak bisa, tapi anda harus membuat family berupa area light atau point light khusus untuk ini. Butuh kemampuan untuk membuat family sendiri di sini.

Rendering Setup

Rendering setup sangat simpel. Cukup memilih kualitas rendering (draft, low, best, etc) yang sudah pre-defined. Bagi yang sudah mahir, dapat mengutak-atik sendiri, tentu.

Lighting scheme juga cukup simpel. Anda cukup memilih interior atau exterior, dan apakah lighting dari matahari atau artificial light.

Yang menarik bagi saya, di sini tersedia juga post-rendering process. Sesudah image jadi, jangan khawatir kalau hasilnya terlalu gelap atau warnanya kurang bagus. Anda dapat mengubah exposure, saturation, dll. Sangat membantu!

Bagi yang sudah menggunakan Revit sebelumnya, ada beberapa hal yang mungkin anda rasakan menghilang. Ya, ada tidak dapat memberikan background image, ground plane seperti saat Revit masih menggunakan AccuRender. Beberapa option untuk environment hilang. Anda dapat lihat sendiri bahwa pilihan untuk environment menjadi sangat sedikit. Dan meski tidak banyak yg menggunakannya, anda sekarang juga tidak dapat lagi membuat panoramic view dari Revit.

Meski demikian, secara keseluruhan, saya menyukai render engine yang baru ini. Image di atas adalah hasil render high quality, tanpa pre-rendering setup. Cukup klik render, dan hasilnya tidak jelek. Saya memang melakukan sedikit post-rendering setup agar tampak lebih ‘warm’, tapi semua dilakukan di Revit saja. Semua orang bisa membuat photorealistic rendering! Just a button click away!

  • Kamal Komaludin

    Bagus banget bung Edo!! revit ini (software BIM)memang sangat berguna dan ditunggu para arsitek masa depan, selain kerjanya simpel kita juga bisa mengontrol semua disiplin yang terlibat dalam project.

  • http://khie8899.multiply.com sin khie

    mas, apakah direvit bisa juga untuk menghitung RAB, seperti di Archicad? dimanakah saya bisa belajar revit lebih jauh ( kursus)?trims

    • AIK

      PAKE REVIT EMANG ENAK BANGET, BISA NGELIAT LANGSUNG VULUME NYA TANPA ADA KEKELIRUAN DIBANDING KALO KITA NGITUNG MANUAL PAKE GAMBAR CAD, JADI ESTIMATOR NGGAK PERLU LAGI DEH .

  • http://tentangcad.com Edo

    To Sin Khie:
    Tentu, sebagai software BIM, Revit bisa menghitung RAB… sampai ke material take off. Untuk tempat kursus, saya akan kontak japri saja lewat MP-nya ya… biar gak jadi iklan :D

  • Rikhard

    Mental ray pada revit 2009 cukup bagus, tapi kurang live, maksud saya texture kurang terang dibanding lightwork di archicad..saya coba accurender nxt versi alpha pada revit 2009, hasilnya cukup bagus..mudah2an accurender nxt versi beta udah bisa dikembangkan, so Revit bisa punya ragam pilihan saat render..Oh ya, untuk revit engine udah bagus and intuitif..khusus untuk spline pada revit, kenapa kok splinenya ngga bisa nutup and smooth dalam sekali gambar..

  • http://tentangcad.com Edo

    Terus terang saya belum pernah lihat bagaimana hasil rendering lightwork di ArchiCAD. Terang-gelapnya texture (brightness) di Revit Architecture masih bisa diatur di material properties, mungkin itu yang dimaksud. Atau kalau ingin mengatur brightness/contrast/exposure dan post rendering process lain, di Revit 2009 dimungkinkan.
    Rendering Revit memang lebih ditujukan untuk Arsitek, yang mungkin tidak ingin repot mengatur tetek-bengek setup rendering. Dibuat sesimpel mungkin.
    Untuk rendering yang lebih jauh, Revit 2009 sekarang mensupport export ke FBX untuk digunakan di 3Ds Max atau 3Ds Max Design. Jadi lebih sempurna untuk mengeksport data material, lighting, dan berbagai environment rendering lain. Saya sendiri belum coba karena bukan pengguna 3Ds Max.
    Spline? Sepertinya itu memang masih kelemahan Revit. Sewaktu saya coba untuk membuatnya tertutup menggunakan acuan titik lain, Revit justru memberikan error. Kalau boleh saya tahu, untuk digunakan apa Spline di sana?

  • gutz

    halo bung Edo mo nanya neh klo Revit 2009 bisa utk Linux ga yah? thnx

  • http://tentangcad.com Edo

    Revit cuma bisa jalan di Windows. Dan rasanya Autodesk gak akan mengeluarkan software untuk Linux.

  • http://hdadli.wordpress.com hadi

    halo mas edo…saya lgi dalam proses mencari software yang pas bwt studi arsitektur saya,saya sudah coba berbagai macamcad(progecad,proCAD dll),archicad,klo boleh bsa di kirim kan tutorial yang simpel ga bwt coba belajar revit!trims…

  • http://tentangcad.com Edo

    to Hadi:
    Coba saja install Revitnya dulu. Pada instalasi harusnya sudah termasuk tutorial bagi basic. Kalau mau yang lebih lengkap, bisa download dari situs Autodesk: http://usa.autodesk.com/adsk/servlet/item?siteID=123112&id=11091739

  • Wahyou

    Buagussss bgt mas….aku pingin bgt bisa belajar dari anda…..

  • Dewo

    Salam kenal…….

  • pemula

    mas edo, tolong kirim ke e-mail saya dong alamat untuk training revit. Saya juga mau belajar menghitung RAB dengan REVIT.
    thanx b 4

  • http://www.hrd.suhardiman@ymail.com suhardiman

    mas edo,tolong kirim ke e-mail saya dong tentang teman2 yang membahas tentang cad yang menggunakan program CESAR-I.

    terimakasih sebelumnya ya mas edo!!!!!I

  • http://www.hrd.suhardiman@ymail.com suhardiman

    maaf mas edo salah,maksud saya program CAESAR-II

  • http://tentangcad.com Edo

    Pak Suhardiman,
    Maaf saya sendiri belum pernah menggunakan program itu. Untuk selanjutnya, silahkan posting pertanyaan dan permintaan sejenis di Support Forum kami.

  • sahrul

    Dear Pak Edo…saya lgi mencari software untuk studi arsitektur ,minta tolong di kirim kan tutorial yang simpel untuk belajar revit! matur sembah nuwun,,,,

  • erwin

    salam kenal
    simpel mana Revit atau ArchiCAD?kl boleh tolong dikirimkan alamat tempat kursus Revit.
    thx

  • http://www.evolveria.com bov

    dulu saya sempat mengajar revit 2009 di LPA atelier 6. tapi skrng udah ngga lagi. menurut saya lebih simple revit, karena “teman”nya lebih banyak, diantaranya autocad dan max yang masih sama2 dibawah payung Autodesk.

  • purna warman

    Dear Pak Edo
    Saya pribadi tertarik banget untuk belajar Autodesk Revit Arch
    sejak beberapa tahun yg lalu.Tapi untuk belajar ditempat kursus2 buat saya terlalu mahal bangeeeet.
    Bagimana kalau pak Edo bantu saya untuk belajar/kursus.
    Best Regard
    Poer

  • http://www.sahrul008.wordpress.com sahrul

    bagus bang………..ajari aku selalu

    Salam kenal dari murid baru anda….

  • http://tentangcad.com Edo

    To Purna warman,

    Di situs ini ada kok tutorial gratisnya… untuk training silahkan kontak saya saja japri lewat http://tentangcad.com/contact/

  • umi

    Mas, klo saya mau kursus Revit di Jakarta dimana ya? Terima kasih sebelumnya.

    • http://tentangcad.com Edo

      Training di training center apa privat? :-?

  • umi

    Pak Edo, bisa dua2nya. Ada rekomendasi pak?

  • kuswendi

    Yth, pak edo terimakasih kepedulian anda tentang shering mengenai revit architektur 2009 ini sangat bermamfaat bagi para pemula pengguna revit semoga ilmu pak edo shering terus. trims
    (pengguna revit)

  • poer

    berapa kursus revit 2009 untuk training center ,privat?

    • http://tentangcad.com Edo

      Ntar saya kontak japri aja ya :)

      • rais

        mas Edo tolong dong klo ada tutorilanya yang lengkap versi bahasa indonesia,,, tolong di emailkan ke sy,,,,harga berapa,,,sy langsung transfer .,,makasih sebelumnya

  • poer

    makasih Pak.Edo,saya tunggu….

  • Pak Witono

    Yth.Pak Edo,kalau saya pesan Revit 2009 dan tutorialnya yang memakai bahasa indonesia apa ada?
    kalau ada bagaimana cara memesannya dan berapa harganya.

    • Pak Witono

      Saya tertaraik untuk mempelajari revit

    • http://tentangcad.com Edo

      Kalau softwarenya kita tidak menyediakan. Tapi tutorial dalam bahasa Indonesia, ada di CD tutorial kami. Untuk pemesanan, bisa lihat di halaman order.

      • lukman

        Mas Edo, halaman order yg mana ya?

        • http://tentangcad.com Edwin Prakoso

          Oh maaf, halaman order memang sudah tidak dipasang, karena kerepotan dalam distribusinya. Kami skrg secara resmi tidak lagi melayani penjualan CD. Tp klo ada yg tertarik, stok masih ada.

  • kuswendi

    belajar revit architecture sebetulnya bisa dipelajari asal ada kemauan dan komitmen pada diri sendiri bahwa pasti bisa orang lain bisa kenapa kita tdk bisa, saya sangat setuju skali dan terimakasih masih ada orang seperti mas Edo yang peduli selalu menulis tentang revit gratis lagi, kalau itu sering dicoba pasti bisa salam buat mas edo Sukses ya.

  • Rizal

    Dimana saya bisa belajar (kursus privat) revit architecture untuk wil jakarta ?

  • Nine Prelline

    boleh saya tau tempat belajar (kursus privat) revit di wilayah jakarta?? mohon info, saya tunggu di email saya

  • http://www.architecasia.com archi_tec

    vray is the best broth..

  • http://www.facebook.com/people/Almusabir-Laode/100001474995898 Almusabir Laode

    Pak bs ga..,sy di berikan masukan mengenai cara pembuatan kontur pada area kerja Revit Arsitektur..?

  • vicky triandos

    mas, ada jual materialnya gk? sama furniturenya jga.
    klw ada email ke sya ya
    vickytriandos@gmail.com

  • Pingback: Macam-macam Software yang digunakan dalam Proses Desain | dreamers effect()

  • MITRA JAYA

    mas, ada jual materialnya gk? sama furniturenya jga.
    klw ada email ke sya ya
    mitrajaya037@gmail.

  • Ahmad

    mas ada yang tau download mental rey untuk revit yang gratis??
    haha lagi gak ada uang mau beli