Navigation Tool: ViewCube dan SteeringWheels

Ada alasan kenapa saya menulis ini di dua kategori. Ya, karena Revit 2009 dan AutoCAD 2009 memilikinya. Autodesk sepertinya punya rencana agar semua produknya memiliki ‘look and feel’ yang sama, sehingga jika user AutoCAD menggunakan Revit, misalnya… tidak akan mengalami banyak kesulitan dengan fitur yang ada. ViewCube dan SteeringWheels merupakan alat navigasi yang cukup menyenangkan.

Meski saya lebih menyukai ViewCube, SteeringWheels membuat navigasi tidak terlalu membosankan. Gunakan walk untuk navigasi seperti bermain dalam game 1st person (Doom, Duke Nukem, Quake… dan tentu saja Counter Strike!). Rewind juga cukup membantu.

ViewCube

ViewCube akan sangat memudahkan anda untuk melihat desain 3D anda dari berbagai sisi. Isometrik, tampak depan, kiri, kanan, atau berdasarkan mata angin. Gerakkan pointer anda ke ViewCube. Misalkan anda ingin melihat tampak atas, gerakkan ke TOP, saat di highlight, klik. Gambar anda segera diputar agar tampak dari atas! Jauh lebih mudah dari pada harus menggunakan view (AutoCAD) atau memutarnya secara manual!

SteeringWheels

Bagaimana dengan SteeringWheels? Perhatikan bahwa anda dapat mengakses navigasi seperti zoom, orbit, dan pan di sini. Selain itu anda dapat melakukan walk seperti di game 1st person, dan bagi saya yang juga menarik adalah rewind. Untuk menggunakannya klik dan tahan mouse anda, dan lakukan navigasi yang anda inginkan.

Ada baiknya anda membiasakan diri dengan navigasi ini, karena mungkin banyak aplikasi Autodesk yang akan menggunakannya…