Mengintip Antar Muka AutoCAD 2009

Antar muka/interface mungkin salah satu hal yang paling sering diutak-atik oleh Autodesk dalam setiap rilis barunya. Dan sejauh yang saya ingat, dari versi 13 yang saya gunakan pertama kali, versi ini memiliki perubahan antar muka paling besar. Sudah menggunakan Office 2007? Ya, kurang lebih AutoCAD 2009 dibuat ‘look and feel’-nya seperti Vista dan Office 2007. Yup… berarti butuh resources lebih besar.

Tentu saja, anda akan selalu bisa mengubahnya agar antar mukanya seperti AutoCAD lama. Tapi tidak ada salahnya mengintip sedikit, dan mungkin saja… anda justru menyukainya! Saya? Saya sendiri sampai saat ini lebih suka menggunakan clean screen dan mengetikkan command pada command line :D Tapi siapa tahu, kelak akan berubah.

Apa saja yang diubah? Cukup banyak. Klik image di bawah untuk melihat gambar besarnya.

Interface

Di kiri atas ada huruf A besar, yang bernama menu browser. Logo ini mungkin masih akan berubah, karena saya menggunakan versi beta. Klik logo ini, maka anda akan melihat menu-menu AutoCAD. Persis seperti Office 2007!

Ada juga quick access toolbar di paling atas kiri. Quick access ini mirip dengan ‘quick launch’ di taskbar Windows. Klik image untuk memperbesar.

Ribbon TAB

Ada lagi Ribbon TAB. Ribbon TAB sepertinya merupakan pengganti dari dashboard. Secara default, didock di bagian atas. Tapi kalau di-undock, mirip dengan dashboard. Ribbon TAB mungkin menyenangkan bagi yang baru belajar AutoCAD, tapi saya rasa tidak akan mengesankan bagi user senior. Terutama bagi ‘two handed user’.

Coba gerakkan pointer ke atas hatch/gradient misalnya. Biarkan beberapa saat, tooltips akan muncul. Biarkan saja beberapa saat lagi. Cuplikan dari help akan muncul, berikut ilustrasi gambar yang menerangkan apa itu hatch. Berguna bagi pemula, tapi akan menyebalkan bagi master CAD :D

Jika anda membiarkan pointer mouse beberapa saat di atas objek, anda akan melihat tooltips berisikan properti objek tersebut. Jika anda mengaktifkan quick properties di status bar, saat anda pilih objek itu, panel ringkas akan muncul. Anda bisa mengubah properti secara cepat di sini. Cukup menarik. Tapi rasanya butuh resource komputer yang besar.

Quick View

Quick View juga merupakan salah satu fitur baru. Ingat waktu anda membuka beberapa file sekaligus? Saat anda ingin berpindah ke window lain, anda harus memilihnya dari menu window, dan memilih filenya. Sekarang bisa dengan mengklik quick view, dan bisa memilih dari thumbnail yang muncul. Lebih mudah memang, dan lebih cantik.

Icon-icon di status bar (osnap, otrack, dan sebagainya berubah). Dulu cukup dengan teks OTRACK, OSNAP, dan sebagainya. Sekarang berganti jadi icon.

Secara umum, antar muka AutoCAD mungkin akan merepotkan pengguna lama. Dan saya cukup yakin banyak yang akan segera mengubahnya agar tampak seperti AutoCAD lama. Namun pengguna yang baru belajar mungkin akan menyukainya. Terutama yang sudah menggunakan juga Vista dan Office 2007. But give it a shot. Cobalah beberapa saat sebelum memutuskan untuk ‘membenci’-nya.

  • http://motosuki.multiply.com motosuki

    seperti pada saat peralihan office 2003 ke office 2007 yang mencolok, agak kesulitan juga dalam penyesuaiannya. terutama masalah shortcut.
    mudah2an 2009 ga banyak masalah dalam hal shortcut di command nya, karena akan sangat menyulitkan bagi yang sudah terbiasa bekerja dengan command (terutama yang belajar dari acad r.12)

  • http://tentangcad.com Edo

    Sejauh yang saya coba shortcut di command line tidak ada perubahan. Yang banyak berubah kalau kita menggunakan popup dan mouse. Selalu aman untuk menggunakan interface versi lama kok.

  • hendrik

    ajarin aku cheet2 mudah menggunakan autocad 2007. pliiisss…

  • http://pramudya.info Ricky Pramudya

    Pertama pake,…langsung saya ubah ke Classic Custom karena sebel banget ngelihat spec laptop agak minim dan menu yang berubah.
    Tapi lama-lama, enak juga. Terutama sudah bisa connect ke google earth. Kalo untuk pemula, sangat mempermudah pembelajaran AutoCAD.

  • http://www.erwin4rch.wordpress.com Erwin

    Sepakat dengan komentar anda di atas.
    Bagi user pemula, yang belum “terdikte” dengan interface lama, AutoCad baru ini sangat menyenangkan!

    Namun bagi pemain lama, sangat membingungkan. haha. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. :D
    Salam Pak Edo.

  • rief

    Kemarin dikantor diupgrade ke autocad2009, kalau aku sih mikir2 pake autocad, harga sktr US$3900 (35 juta). Tapi ya mo gimana orang sudah terlanjur ketagihan ama autocad. Klo aku mending beli solid work yg udah ada dwg editornya, atau bisa pake program cad yg murah meriah macam progeCAD, bahkan ini bisa gratis untuk private.
    35 juta hanya untuk autocad masih terlalu mahal.

  • http://tentangcad.com Edo

    To Rief:
    US $ 3900? Rasanya agak kemahalan :)
    Harga gak selalu jadi alasan utama milih software. Misalnya saja LINUX vs Windows. Meski free, kebanyakan orang masih lebih milih Windows kan?

  • http://igun.web.id @kang i-GUN

    interface berganti terus, type in pada command line.. tetap the best buat saya

  • massyatno

    kalau saya udah pake yg cad civil 3dnya 2009
    cuma masih harus banyak yang dikupas.
    kali ada temen yg udah pake juga, kita bisa sharing
    Maaksih

  • feri fani

    awalnya membingungkan…. bingung untuk mengubah warna tampilan (display), ternyata cuma sekali klik aja, di pojok kiri atas “A” disana terdapat menu2 AutoCAD versi sebelumnya. lama-lama enak juga bahkan lebih mudah penggunaannya. jangan bosen untuk nyobain semua icon2 baru yang disediakan.

  • jojo

    bagaimana cara mngganti ukuran tebal garis di autocad 2009?