Membuat ‘Custom Stair’ di Revit

Tangga tidak selamanya berbentuk lurus atau arc. Terkadang kita butuh untuk membuat tangga yang’tidak standard’. Saya tidaktahu apa memang ada orang yang pernah membuat desain tangga seperti ini.

Stair Plan Stair 3D

Tapi ya, anda dapat membuat tangga seperti ini di Revit Architecture.

Bagaimana membuat tangga seperti ini di Revit Architecture? Mudah saja sebenarnya. Secara default saat anda membuat tangga di Revit, tool yang aktif adalah run, yang secara otomatis membuat garis boundary dan riser.

Manual Sketch

Karena anda tidak membuat model standar, anda harus membuat garis boundary dan riser sendiri. Aktifkan boundary dari design bar, dan gambar lah dua garis boundary.

Bagi yang belum paham dengan apa itu boundary, garis boundary selalu digambarkan di kiri dan kanan tangga. Bentuknya bisa jadi line, circle, atau ellipse. Dan anda bebas menggambar bentuk apa saja, selama ada dua garis boundary tak terputus. Satu di kiri, dan satu di kanan.

Sesudah jadi, aktifkan riser dari design bar, dan gambarlah riser yang anda inginkan. Anda dapat membuat satu riser, dan mengkopi/array riser tersebut jika perlu. Riser harus snap ke garis boundary, tidak boleh kurang, dan tidak boleh melebihi garis boundary. Anda mungkin harus melakukan trim untuk merapikannya.

Sama seperti dengan anda membuat dengan metode run, anda juga akan diberitahu jumlah anak tangga yang dibutuhkan.

Klik finish stair dari design bar, dan tangga anda sudah jadi!

tips:
Seringkali lebih mudah dan cepat jika anda menggunakan metode run terlebih dahulu, dan mengedit boundary dan run kemudian.