AutoCAD Action Recorder

button

Action recorder bisa dibilang satu-satunya fitur baru di AutoCAD 2009 yang cukup mengesankan bagi saya. Sekarang anda dapat merekam ‘action’ yang anda lakukan, dan menjalankannya lagi kemudian. Bagi yang tidak menguasai customisasi seperti AutoLISP atau macro, sedikit banyak bisa membantu. Namun memang, tidak se-powerful LISP atau VBA.

Yang cukup mengesankan, penggunaannya sangat simpel. Anda cukup mengklik tombol record, maka anda dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang anda inginkan untuk direkam. Perhatikan bahwa pada cursor tampak simbol record.

record_active.jpg

Pada contoh ini, saya membuat simbol ‘breakline’ dengan polyline. Lalu saya putar 45 derajat, terakhir saya move ke tempat yang saya inginkan. Setelah selesai, saya klik stop untuk menghentikan rekaman action saya.

action tree

Perhatikan ke-3 action ini ditulis dalam action tree! Sekarang saya ingin agar saya dapat menentukan posisi akhir dari simbol breakline ini. Saya klik kanan pada action paling akhir, yaitu action saat saya menempatkan posisi akhir polyline. Kemudian saya pilih dari context menu: request user input.

Sekarang coba jalankan action tersebut! Polyline otomatis dibuat, diputar 45 derajat, di move pada base pointnya… Terakhir AutoCAD akan meminta input… dimana anda ingin polyline ini diletakkan.

Lumayan kan? Tidak perlu belajar bahasa pemograman sama sekali.

  • DAUS

    pak edo, saya coba action recorder tapi kok selalu kok tidak ada opsi “request user inputnya” ??
    trims sebelumnya…..