Hasil Poll (Voting) Jan-Feb 08

Minggu lalu dua voting di blog ini sudah ditutup. Terima kasih bagi yang telah ikut berpartisipasi :)

Inilah hasil poll-nya:

Pengunjung Blog

Pengunjung blog ini ternyata didominasi oleh pengguna CAD di bidang arsitektur dan konstruksi. Nilai ini didapat dari 95 pengunjung:
Arsitektur dan Konstruksi, 50 vote (52%)
Mekanikal/Manufaktur, 23 vote (24%)
Infrastruktur, 5 vote (5%)
Geospasial/GIS, 2 vote (2%)
Plant Design, 10 vote (10%)
Lain-lain, 5 vote (5%)

Tentu saja ini tidak berarti pengguna CAD mayoritas adalah arsitek dan sipil. Kemungkinan memang karena artikel di blog ini masih lebih mengulas ke sana. Tidak ada UG dan Catia bagi yang bergerak di manufaktur. Tidak ada Civil3D, AutoCAD map, Map Info dll untuk yang di infrastruktur dan GIS, dst…
Perkiraan saya, umumnya pengunjung selain bidang arsitektur dan konstruksi yang datang masih menggunakan AutoCAD…

Versi AutoCAD yang dipake

Poll kedua adalah versi AutoCAD yang digunakan. Hal ini sering mengulik rasa ingin tau saya, karena kadang saya dengar masih ada yang pakai AutoCAD R.14. Bahkan R.13. Tidak masalah tentu, kedua versi tersebut pernah melayani kebutuhan saya dengan sangat baik. Namun melihat umur versi tersebut, membuat saya penasaran, berapa banyak yang masih bertahan.
Ini hasil poll selengkapnya:

R.14 atau sebelumnya, 1 vote (2%)
R.15 (2000/ 2000i/ 2002), 5 vote (10%)
R.16 (2004/ 2005/ 2006), 23 vote (50%)
R.17 (2007/ 2008), 17 vote (36%)

Sebagai catatan, Autodesk sebetulnya masih mengeluarkan AutoCAD dalam release yang diperbarui per-3-tahun. Setiap tahun keluar 1 versi. Release yang sama, format filenya tidak berubah. Artinya, DWG versi 2009 akan dapat dibuka versi 2007 tanpa perlu di save as ke versi yang lebih rendah.
Cukup mengejutkan bagi saya, R.17 ternyata masih kalah cukup telak dengan R.16. Saya selalu berpikir bahwa umumnya orang akan segera mengupgrade ke versi baru karena sering menerima file yang tidak bisa dibuka. Ternyata perkiraan saya salah… >_<
Anehnya, R.15 sudah cukup banyak ditinggalkan. Dan masih ramai yang bertahan di R.16. Entah apa yang membuat release tersebut lebih populer.
Yang pasti, ternyata orang kita tidak terlalu maniak mengikuti update terbaru dari software yang dipakai. Mungkin berpikir… toh aplikasi ini sudah bisa melakukan semua yang saya butuhkan…







  • http://motosuki.multiply.com motosuki

    Saya menggunakan 2007.rasanya nyaman sekali menggunakannya :)
    pengen juga nyoba ke 2008, tapi ga sempat2 aja waktunya nyoba2 nya :)

  • http://tentangcad.com Edo

    hmmm…
    Gimana kalau sekalian ke autocad 2009? Udah rilis lho di US… :p
    Mudah2an minggu depan saya sudah bisa posting fitur2 barunya…

  • http://cadesu.multiply.com/ Adesu

    Saya lebih suka di Autocad 2005, karena bisa di kustomisasi dengan mudah.

  • jedliem

    Kalo selalu keluar release terbaru pasti membutuhkan hardware yang harus diupgrade dulu. Padahal semua yang diperlukan masih terpakai dan belum perlu upgrade. Kalo memang sudah membutuhkan maka pilihan upgrade baru dipertimbangkan. Jadi intinya harus dilihat dari segi cost untung ruginya.

  • http://tentangcad.com Edo

    To Jedliem:
    Tidak selalu harus diupgrade kok hardwarenya. Dari Acad06 ke 07 memang iya, karena ada perubahan besar di kernelnya dari ACIS ke ASM.
    Begitu juga dari 08 ke 09, ada perubahan besar di interface.
    Tapi umumnya kalau masih main di 2D aja, gak upgrade biasanya masih bisa… Paling workspace di set ke classic biar enteng.

    Masalah butuh-gak butuh, memang relatif. Tapi saya percaya bahwa banyak fitur baru yang cukup membantu. Banyak diantaranya dikembangkan dari kostumisasi yang dilakukan user-user yang kurang puas dengan fitur yang ada atau dari permintaan user sendiri (wishlist). Artinya, fitur-fitur itu emang banyak yang butuh. Meski sebagian lainnya memang gak pernah pake.

  • http://faisalashar.net Faisal Ashar

    Edo, seperti yg pernah kita diskusi dulu. banyak tenaga drafter di konsultan di padang masih make AutoCAD 2000 atau 2004. Dengan alasan kebutuhannya hanya untuk gambar bestek aja. dan untuk membuat model juga sama, buat di 2004 or 2006 lalu lanjut ke 3dsmax.
    Untuk AutoCAD MAP atau LD atau Civil 3D memang masih jarang, saya saja hanya menggunakan untuk proyek2 tertentu saja.

    • http://tentangcad.com Edo

      AutoCAD memang untuk drafting. Jangan salahkan drafternya kalau di perusahaan itu masih tergantung dengan AutoCAD. Untuk drafting, memang mau pake AutoCAD berapa aja tidak signifikan bedanya. Pengembangan yang ada lebih untuk platform.
      Engineer yang masih pakai AutoCAD sebetulnya belum bisa ngaku kerjanya ‘computerized’ karena mendesain dengan AutoCAD itu sebetulnya masih kerja manual.