Command Alias AutoCAD (shorcut key)

Setiap kali saya memperkenalkan sebuah ‘software baru’ ke pengguna AutoCAD, sering saya mendengar pertanyaan…
“Di program ini ada command line kaya AutoCAD gak?”
Yang dimaksud tentu saja mengaktifkan tool dengan mengetikkannya pada command line. Banyak tool bisa diaktifkan dengan beberapa huruf saja, dan bisa mengkombinasikan keyboard dan mouse sama intensifnya. Misalnya ‘L’ untuk line, ‘A’ untuk arc, dan sebagainya.Sebetulnya, meski saya juga merasa command line banyak membantu, ini titik lemah development AutoCAD ke depannya. Selain AutoCAD dan tiruannya, saya tidak pernah melihat software lain menggunakan command line. Command line pertama muncul karena dulu aplikasi ini menggunakan OS DOS. DOS bukan OS dengan graphical interface. Tidak ada toolbar, icon, seperti yang kita lihat sekarang. Namun banyaknya ketergantungan pada command line justru membuat fitur ini tidak dapat ‘dilepas’.

Cukup dengan curhatnya :)
Ingin tahu apa saja shortcut untuk tool-tool AutoCAD? Atau ingin mengubahnya dengan kode anda sendiri? Anda bisa lihat shotcut lengkapnya dengan mengakses menu tools> customize> edit program parameters (acad.pgp).
Jika ingin mengubahnya, silahkan ubah dengan shorcut yang diinginkan, lalu simpan file tersebut. Tutup AutoCAD, dan load kembali AutoCAD. Shortcut baru harusnya sudah bisa dipakai.

Hati-hati dengan file ini, ada baiknya di backup terlebih dahulu… Jangan sampai ada konflik antara shortcut. Happy customizing!







  • arie arsyat

    Sepertinya ada satu file yang terkait dg artikel ini.
    Cari file ACADPGP.txt di folder instalasi AutoCAD, file ini berisi shotcut keys (dari beberapa versi AutoCAD) yang berlaku. Semoga membantu.

    • ogree

      to : sugie “””windows nya musti di install ulang itu mungkin virus bro”””

      klo saya pake icon toolbar bisa ketutup semua layarnya cuma buat icon yg ngantri…di pake bro….ruang buat gambarnya jadi kecil ..itu problem nya klo gak pake tambahan perintah keyboard menurut saya….hhe..hee….

  • http://dadancopypaste.blogspot.com/ Dadan

    Command line sangat disukai mungkin karena kecepatannya, Typing speed memang sangat jauh jika di bandingkan dengan klik icon tool bar.Mungkin juga karena sebagian besar pengguna autocad sebagian besar adalah juru gambar yang boleh di bilang kejar target atau kejar setoran he he he. berbeda sekali jika pengguna CAD tersebut tidak di tuntut produktivitasnya, soal kecepatan itu tidak jadi masalah, mungkin akan lebih senang menggunakan cara klik icon tool bar, bisa sambil ngerokok he he he.

    Saya rasa menggunakan tangan kanan untuk mouse, dan tetap menjaga pointer tetap di area penggambaran (model atau paperspace), serta tangan kiri mengoperasikan keyboard adalah cara yang paling efektif jika di gunakan untuk aplikasi2 Graphic. Pengguna potoshop dan corel tingkat mahir juga menggunakan cara yang serupa. Klik icon dapat diganti dengan mengetikan huruf tertentu. Karena “waktu sangat berharga”.

    Saya pernah memperhatikan teman-teman yang mengetik naskah buku menggunakan MS world dan Excel, mereka sama sekali tidak menggunakan mouse. Mereka bilang menggunakan mouse jauh lebih lambat jika di bandingkan dengan menggunakan keyboard. Mengklik tool bar itu buang waktu …. katanya. mendingan pake keyboard saja katanya, karena jari-jari tangan kami sudah punya mata he he he, semua menu dan selection dapat diakses dengan cepat tanpa perlu lagi pake pointer.

  • Arie Arsyat

    Yang saya maksud adalah file acad.pgp di C:\Program Files\AutoCAD 2008\UserDataCache\Support
    Buka file tsb dengan notepad, semua perintah command-line terdata disana.

  • dblonk

    salam knal..
    saya mau tanya,gmn cara bljr autocad 2007 scra cpat

  • wahyu

    Oiya bos……seumpama Acad pgp ngga usah di edit,tapi ngambil aja acad pgp nya cad 2000 gt bisa ngga ya..?

    • http://tentangcad.com Edo

      Bisa aja ;)

  • UGEY

    udh tau cara ganti di notepad?
    (meneruskan pesan dr Arie Arsyat: “Yang saya maksud adalah file acad.pgp di C:\Program Files\AutoCAD 2008\UserDataCache\Support
    Buka file tsb dengan notepad, semua perintah command-line terdata disana.”)

    caranya simpel:

    perintah singkat, spaci/tabs *perintah asli

    UGEY, *LINE

    maka perintah LINE telah dirubah menjadi UGEY

  • sugie

    autocad saya 2007. ada masalah di commandnya, setiap perintah apapun itu selalu akan muncul copyclip dengan adanya muncul perintah tsb maka saya ngak bisa mengerjakan semua perintah autocad. padahal autocad udah saya install ulang bahkan saya install cad 2008 akan tetapi perintah copyclip selalu muncul dengan sendirinya, jadi bagaimana mengatasi masalah tersebut di atas? mohon bantuanya untuk bisa bantu saya untuk mengatasi masalah tsb diatas. terimakasih sebelumnya….,

  • Edukhas

    saya juga sama mempunyai permasalahan “copyclip” selalu muncul, gmn cara ngatasi?