AutoCAD Architecture vs AutoCAD

AutoCAD sebetulnya memiliki banyak varian. Jika anda banyak membuat gambar skematik P&Id, anda mungkin lebih tertarik menggunakan AutoCAD P&Id. Jika anda juga butuh menggambar diagram skematik elektrikal, AutoCAD Electrical akan lebih ‘bunyi’. Dan bagi anda para arsitek yang tidak dapat meninggalkan AutoCAD, mungkin AutoCAD Architecture akan lebih mengoptimalkan kinerja anda.

Tapi apa itu AutoCAD Architecture? Pada dasarnya Anda akan banyak menggunakan interface dan look and feel yang sama dengan AutoCAD. Tapi jujur saja, menurut saya, jika anda belum bisa AutoCAD sama sekali… Revit akan lebih mudah bagi anda. Anda harus menguasai AutoCAD dengan sangat mahir sebelum dapat terjun ke AutoCAD Architecture. Saya akan membahas sedikit bagaimana AutoCAD Architecture (AA) dapat membantu desain anda.

Saat anda bekerja  dengan AA, berarti anda juga bekerja dengan properties. Setiap properties diatur dalam styles. Tentu anda sudah mengenal dimension styles. Sama seperti itu, setiap objek diatur dalam styles. Dinding, pintu, atap, jendela, dsb. Tentu sangat banyak styles yang tersedia. Sebagai awal, anda bisa coba objek standar yang sudah ada di AA. Perhatikan tool palletes design. Cobalah bereksperimen dengan dinding. Anda dapat menggambar dinding seperti menggambar polyline.

AA Tool Palletes

Saat anda mengaktifkan wall, anda akan melihat pallete properties muncul. Disini anda harus memperhatikan option seperti tinggi dinding, justify, dan sebagainya.

properties.jpg

Yang pasti, bekerja dengan AA memiliki konsep yang jauh berbeda dengan AutoCAD. Jangan lagi berpikir ‘menggambar’, tapi anda ‘membuat bangunan’. Anda membuat dinding, anda betul-betul membuat dinding.

Satu hal yang pasti, karena platformnya AutoCAD, anda harus ingat aturan no.1 menggunakan AutoCAD: perhatikan selalu command line!

Cobalah bermain-main dengan wall, door dan window untuk membuat desain anda. Saya kelak akan membahas lebih detail tentang elemen lain. Tapi tiga elemen itu seharusnya sangat mudah digunakan. Sementara coba  buat desain satu lantai terlebih dahulu. Untuk multy story buildings, kita akan bicara lebih jauh dalam skala project.

  • Yendra

    Dimana kita bisa mendapatkan Autocad Architecture?

  • Edo

    Kalau yang legal (licensed) tentu saja di reseller resmi Autodesk (Autodesk Value Added Reseller). Salah satunya PT Nusantara Secom Infotech. Kalau yang bajakan, maaf… saya gak bisa bantu :)

  • sigit

    AutoCAD Architecture dangan AutoCAD Versi2 yang ada ada kemiripannya nggak ? Mohon dimaklum karena saya juga nggak begitu paham sekali dengan cabang2 dari AutoCAD.

    Terima kasih,
    Sigit Prayitno.

  • ari

    Halo mas Edo,
    Sebelumnya terima kasih dengan kesempatan yg diberikan untuk saya me-reply ulasan mas Edo. Saya sebenarnya mau bertanya dengan mas Edo, software 3d atau cad (architecture) apa yang termudah untuk saya membuat rumah? Karena rumah itu akan saya export menjadi .3ds file dan saya akan import ke software Dialux untuk lighting visualization (simulation). Btw, bidang saya adalah lighting designer. Untuk sementara waktu ini saya memakai cinema 4d atau 3ds max design 2009 bahkan di Dialux nya sendiri tapi untuk saya tidak begitu mudah membuat architectural shapes di ketiga software ini. terima kasih banyak.

  • Edo

    To: Ari,

    Sebetulnya software untuk desain rumah sangat banyak. Mungkin anda akan tertarik untuk mencoba Revit Architecture. Revit cukup sederhana untuk modeling bangunan, tidak sekompleks AutoCAD Architecture, namun tetap powerfull.

    Untuk export ke 3ds, sayangnya tidak ada cara langsung. Meski begitu, anda dapat mengeksport model Revit ke format FBX. Dan dari format FBX anda dapat mengubahnya ke 3ds. Silahkan download converternya di sini.

    http://usa.autodesk.com/adsk/servlet/index?siteID=123112&id=6839916

    FBX sebetulnya format file yang digunakan Autodesk untuk mengimport model 3D ke 3ds Max.

  • ari

    terima kasih banyak atas jawabannya. Sebelum saya mulai dengan revit, saya mau bertanya, apa yang membedakan revit dan autocad architecture? terima kasih.

  • Edo

    AutoCAD Architecture (AA) berjalan di atas AutoCAD, sementara Revit punya CAD engine sendiri. Keduanya software yang sangat baik, namun untuk dapat menguasai AA, anda harus sangat mahir menggunakan AutoCAD. Jika kemampuan AutoCAD pas-pasan, repot sekali mempelajarinya. Selain itu defenisi objek di Revit juga jauh lebih sederhana.

  • ari

    Apakah artinya autocad architecture menghasilkan hasil yang lebih maksimal dibanding revit? terima kasih.

  • Edo

    AA dan RAC punya kelebihan sendiri-sendiri. Dalam beberapa hal, bisa dibilang AA memang lebih baik. Tapi di hal lain, RAC lebih kuat.
    Kenapa saya lebih menyarankan ke RAC, karena ada kemungkinan AA tidak lagi dikembangkan Autodesk. Sekarang, kalau beli RAC2009, didalamnya dapat ‘bonus’ AA. Dua software 1 license.

    Hal yang sama terjadi dengan Mechanical Desktop sejak beberapa tahun yll, tidak ada update selama lebih dari 5 tahun. Dan mulai tahun depan resmi tidak dilanjutkan, alias dipensiunkan. Daripada repot belajar software yang akan dimatikan, lebih baik belajar yang sedang hot.

  • ari

    terima kasih atas jawaban2nya mas edo.. sangat membantu sekali. semoga kedepannya tidak bosan menjawab pertanyaan2 saya as a newcomer in revit. Btw, apakah user interface di revit bisa diganti dengan nuansa “dark” (seperti software cad atau 3d lainnya). Hanya masalah kebiasaan saja. terima kasih.

  • Edo

    Tentu. Dari menu settings>options. Klik TAB Graphics, trus aktifkan invert color.
    Btw, untuk diskusi selanjutnya, mungkin bisa di forum saja ya…

  • Bambang

    sangat membantu, karena kebanyakan orang2 yang sudah jago AutoCAD pelit banget sama ilmu. Salut buat mas edo

  • aji

    Mas Edo saya baru belajar AutoCad 2d, apa fungsi sheet model, Sheet lay Out ya? terus bagaimana cara mengoperasikannya, terima kasih

  • arifbrur

    salam kenal Mr. Edo, saya ada problem tentang 3dsmax, saya import file 3d rumah dari autocad ke 3dsmax, file sudah bisa saya import ke 3dsmax, tapi permasalahan muncul waktu saya mau kasih material, material yng saya tempel ke layer2 tersebut jadi acak gak bs beraturan tampilannya, sedangkan saya coba buat bentuk sederhana, seperti box gitu material saya tempel kok bisa bagus, mohon bantuannya supaya saya bisa ngasih material ke file 3d rumah yang import dari autocad tersebut…..

  • Setau saya ketika kita import file AutoCAD ke 3dsmax, objek-objek pada file tersebut dipisahkan berdasar tiga pilihan: layer, color dan entity. Bila kita memilih berdasakan layer maka setiap objek beda material perlu dibedakan layernya (pada autocad). Bila gambarnya kompleks, pastikan hanya objek yang kita perlukan saja yang kita import, hapuslah terlebih dahulu objek AutoCAD yang tidak diperlukan.

  • adie

    Ass.. Mr…

    Saya mau tana nie….
    di mana saya bisa pelajari autolips dengan lengkap dan mudah untuk di pelajari…
    karena saya masih menggunakan cara kerja yang salah tentang auto cad…
    Dan dalam perkerjaan juga membuat saya menghilangkan banyak waktu…..
    dengan itu… saya minta tolong informasinya di alamat ini…

    Anugerah.rekons@Gmail.com atau di AtnicAdi@yahoo.com
    Kalau ada FS add aja di ATNIC_MASTER88@yahoo.com
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih….

  • Edo
  • Ferry

    Mas edo,
    maaf mas mau numpang nanya..
    saya sudah cukup menguasai revit ya mas btw itu program yg saya pakai untuk menyelesaikan TA saya sampai selesai. tapi ada bbrp yang saya kurang paham dari revit architecture.
    antara lain :
    1. Bagaimana membuat modelling blend dengan menggunakan dua pick plane, seperti kalo di CAD saya lupa perintahnya. blend yang ada hanya satuuu pick plane. jadi ga bisa menyatukan 2 elemen garis yg tidak pd satu bidang menyatu (untuk membentuk modelling hypar dsb)
    2. Apakah sweep yang ada memang hanya harus pick plane satu bidang, kalo bgt apa ada cara di revit membuat misalnya helix dengan sweep? kan pathnya 3 dimensi?
    3. Apakan Import’an dari AUTOCAD itu tidak dapat disection? hasilnya selalu kacau bila diambil garis potongan/ tampak, layernya wungkul.. walau dipotong ttp kelihatan wungkul gituu. dan apakah tidak dapat diberi material/warna?
    4. Bagaimana cara membuat potongan 3 dimensi di revit, (saya pernah lihat ada yg bisa) bukan dgn cara merotate garis section
    5. Apa mas edo tahu ya bgmn cara memanfaatkan revit untuk hitung RAB? dimana ya lihat tutorialnya?

    hehe… begitu mas, mohon bantuannya yaah^^
    Salam kenal ya mas^^

    Saya ucapkan banyaaak banyak terima kasih mas..

    • Edo

      Ferry,
      Pertanyaan sebanyak ini sebaiknya diajukan di forum saja. Soalnya di sini diskusinya terbatas pertopik saja. Nanti kita diskusikan di sana… ok? ;)

  • Koesdewanto

    Halo…Mas Edo
    Salam kenal dari saya di Surabaya.
    Mau numpang nanya….kira2 mas Edo punya tutorial untuk Revit Architecture 2009,saya mau coba belajar .
    Trima kasih

    • Edo

      Ada kok, silahkan baca di: http://tentangcad.com/daftar-artikel/revit-untuk-pemula/
      Kalau malas mengikutinya di website, bisa order cd tutorial yang ada…

      • priyono

        salam kenal mas edo,langsung aja ya mas,saya mau belajar revit dan autocad architectur.gimana kalau di buat pdf saja agr bisa di download.

        • Edo

          Kami punya tutorial dalam bentuk pdf, dan dapat dipesan dalam bentuk CD. Silahkan lihat di halaman order :)

  • priyono

    trimakasih mas,saya ingin belajar revit,saya tertarik dengan cd tutorial yang mas edo tawarkan,kira2 berapa ya ongkos yang harus saya kirim karena saya ada di korea selatan,

    • Edo

      Wah, apa saya titipin presiden Korsel aja ya? Kan lagi di sini :D
      Nanti coba saya cek. Mungkin untuk yg di luar negri saya bisa kasih pengecualian. Saya bisa kasih link untuk download sesudah mentransfer biaya pengganti. Kalau minat, silahkan lewat japri (email) saja ya…

  • ari_bpn

    mas, apa beda archicad dgn autocad architecture

    • Edo

      Archicad punya platform cad sendiri, sementara ACA masih nebeng di platform AutoCAD… Kalau plus-minus, masing2 punya kelebihan sendiri kok :)

  • milko

    ass wr wb

    mo nanya dikit. tadi dah baca dari atas sampe bawah cuman ga nemu jawabannya. bedanya autocad architecture sama autocad architectural desktop apa ya? apa sama? soalnya sempet ada yg nyebut mechanical desktop. terus kalo revit pake engine sendiri berarti command2nya beda dong?:(

    thanks anyway

    • Edo

      AutoCAD Architecture (ACA) dengan Architectural Desktop (ADT) sama saja. Cuma ganti nama, kalau gak salah sejak versi 2008? Revit emang commandnya beda dengan ACA/ADT.

  • Olanks

    Mas Edo, apa bener Autocad Architecture hanya jalan d komputer dng OS 64 bit?

    • Edo

      Gak tuh, yang 32bit ada kok…

  • bambang memeh

    salam kenal mas edo…mas saya mau tanya kenapa ya…kalo saya import autocad ke 3dmax setelah itu saya kasih material di 3dmAX contohnya satu dinding AKU kasih matrial pintu ko jadi berbentuk banyak ya pintu tersebut tidak satu obyek saja ko jadi kotak2 banyak seperti keramik atau genteng.trimaksh

  • ika

    halo mas edo, mo nanya ni. kenapa sih kalo aku render material, di view sih baik2 aja. tapi begitu diformat ke rendering, hasilnya sesuai view yang dipake. jadi ga stabil gitu. misal render atap, gentengnya kalo tampak depan, ok. tampak samping, perspektif jadi miring ga ketlungan. gimana dwonk…help me please

    • Edo

      Sepertinya itu masalah mapping material. Sudah diatur mappingnya?

      • luna

        salam kenal mas edo, sama tuh kasusku juga gitu. kebetulan aku baru belajar, cm otodidak sich…gimana ngatur mapping ya?

  • mas saya baru pengguna autocad 2007. namun saya tdak bsa sama skali cara mengunakanya. namun saya tertarik dengan applikasi autocad. sy cri buku pandunya di tenggarong namun tdak ktemu. saya buka situs linear autocad 2007 pdf tntang bangunan namun gagal terus.mas bisa kasih tau sy sedikit gak tentng awal bagimana cara menggunakanya, kasih tau sy sdikit contoh ringan pak ya, tntang bagaimna cara membuat meja makan. terimakasih.

  • Andri

    setiap saya buka cad 2007 (gambar sudah jadi) slalu muncul coment dialogs “Windows Not Ready”
    didalamnya ada printah “The drive is not ready for use; its door may be open. Please check drive????j and makesure that a disk is inserted and that the door is closed.”
    mohon bantuannya,.,.,.

    Thanks…!??

  • widi

    salam kenal mas edo….

    sebenarya apa pebedaan antara autodesk architecture sama yang autodesk revit architecture? apa yang bisa dikerjakan oleh architecture dan apa yang bisa dikerjakan oleh revit?kan semuanya keluaran dari autodesk
    saya pernah mencoba laptop teman saya dengan spek P4 1,66GHz 1GB RAM untuk membuka dan menjalankan architecture 2010 agak lambat, apakah requirement dari revit sama dengan architecture 2010?

    terima kasih atas tanggapannya….