AutoCAD Architecture Style Manager

Sebagai salah satu aplikasi BIM (Building Information Modeling), ACA juga langsung membuat model 3D. Dan ya, anda juga bekerja dengan informasi. Setiap tipe dinding, pintu, jendela, dan objek arsitektur lain memuat informasi tentang objek tersebut.

Perhatikan pada pallete ACA. Jika anda membuat tipe dinding yang berbeda, anda akan melihat properti yang berbeda dari dinding tersebut. Tebal dinding, layer/lapisan dinding, dan properti masing-masing layer. Begitu juga pintu. Single/double, rectangular atau lengkung, lebar, tinggi, dan sebagainya.


Anda mungkin akan ingin mengubah properti tipe-tipe objek ini, dan menyesuaikan dengan project anda. Bagaimana anda mengubahnya? Anda dapat mengubahnya di styles manager. Anda dapat mengakses style manager dengan mengakses menu format>style manager.

ACA Style Manager

Perhatikan bahwa pada dialog ini, anda dapat mengubah properti masing-masing objek. Buatlah style baru, dan ubah propertinya sesuai keinginan anda.

Sebagai catatan, style objek ini hanya berlaku pada file yang aktif. Jika anda mengubah properti pada, misalnya, ‘architectural shell.dwg’, anda tidak akan menemukan style objek yang anda buat tersebut pada drawing baru. Agar anda tidak perlu membuatnya berulang-ulang, adalah langkah yang bijaksana jika anda membuatnya pada sebuah template. Seperti yang pernah saya sebutkan, anda akan sangat menghargai drawing templates saat anda bekerja pada aplikasi spesifik :)

Tapi ya, anda dapat meng ‘copy-paste’ style dari file satu ke file lain. Meskipun menggunakan drawing templates akan jauh lebih efektif.

  • Tiwi

    hallo mas edo, salam kenal…

    Saya tiwi mahasiswi akhir, baru2 ini saya coba2 mempelajari program autocad arch… ternyata sangat mudah sekali dan sudah disediakan tools akan objek2 spt pintu,dinding,dll dan sudah menjadi 3d.

    namun bagaimana bila saya mo buat objek pintu baru dalam autocad arch tersebut. Misalkan saya sudah punya desain tampak yg baru dan bentuk kusennya pun berbeda dengan yang biasa, jadi bagaimanakah caranya / steep nya…?

    Thanks be4,

  • http://tentangcad.com Edo

    Salam kenal Tiwi,
    Untuk membuat style pintu baru, tetap menggunakan style manager. Di sana bisa diatur bentuk pintunya. Perhatikan juga ada berbagai macam bentuk shape dan door type.

  • Tiwi

    Dear mas Edo,

    Trimakasih atas jwbannya y…

  • Putra

    Mas,, sekarang sya belajar AutoCad. Dan saya baru tahap pemula. Berhubung dana saya tidak memadai, Saya harap bantuan Mas agar saya bisa cepat belajar AutoCad. Siapa tau mas punya Ilmu tentang AutoCad, Bsa krim-kirim email ke Saya. Mohon Bantuannya

    Atas Bantuannya Saya Ucapkan Terima Kasih

  • zulkifli

    Mas… atolonag saya.. dong..
    Giamana cara..amemabuat atap.. rumah supaya maudah di hact..
    comanddnya pakai tapeaangel…itu lhoh mas…

    • http://tentangcad.com Edo

      Pakai hatch biasa saja. Tinggal skala sama sudut yg diubah kan?

  • rahman azizi

    salam persaudaraan mas edo,
    mas edo, saya mau belajar autocad arch, tapi saya masih pemula, jadi mohon petunjuknya.
    atas kesediaannya dihaturkan terima kasih.