Inventor Design Accelerator: Bearing

Salah satu keuntungan Inventor adalah jumlah library standard parts yang mencapai ratusan ribu parts. Tentu saja anda dapat langsung meletakkannya pada assembly dan mencarinya diantara ‘tumpukan jerami’ library.

Anda dapat melakukannya dengan mengakses tool place content center dari panel bar.

Tapi sekarang kita akan coba cara yang lebih mudah. Dengan menggunakan design accelerator. File yang saya gunakan untuk latihan ini adalah file bearing.iam dari project tutorial_files.

Design accelerator hanya tersedia pada assembly. Untuk mengakses design accelerator, klik assembly panel, dan pilihlah design accelerator.


Perhatikan bahwa sekarang panel assembly berubah menjadi panel design accelerator. Anda akan dapat melihat tools yang berbeda. Cobalah aktifkan tool bearing.

Anda akan melihat sebuah kotak dialog. Yang harus kita defenisikan pertama adalah cylindrical face, yaitu silinder tempat bearing akan diletakkan. Setelah itu start plane, yaitu posisi perletakkannya.

Perhatikan bahwa kedua panah masih berwarna merah. Klik tombol arrow, dan pilih masing-masing face. Ubah direction jika perlu.


Sekarang seharusnya anda sudah melihat outline dari posisi bearing.

Inventor memiliki beberapa jenis library bearing. Secara default yang digunakan adalah angular contact bearing. Klik untuk menggantinya dengan tipe lain.

Loading untuk content center mungkin akan memakan waktu cukup lama. Bersabarlah, dan tetap tersenyum :)
Anda akan melihat pilihan jenis bearing dan standard (ANSI, ISO, DIN, etc). Ubahlah jika perlu.


Sekarang klik update untuk memfilter library anda. Hanya part yang sesuai akan ditampilkan pada dialog ini. Inventor akan memilih bearing yang sesuai ukurannya. Pilihlah bearing tersebut, dan klik OK. Bearing anda sudah dipasang pada assembly.







  • teguh

    baru saja saya mendapatkan soft inventor(walau “abal-abal”) dan langsung utak-utik tutor bang edo.
    Saya ucapkan terima kasih banyak bang edo atas tutorial inventornya, sekarang saya sedikit lebih tau hebatnya inventor dibanding autoCad…
    akan terus saya coba latihan dari bang edo.

    salam
    Teguh (Bogor)

  • PAK DHE

    Ada sahabat yang bisa bantu Software alat gambar yang bisa untuk 3demensi yang Free , rencana saya mau bikin rumah tinggal jadi mau kutak katik sendiri design nya tapi yang aku punya hanya autocad 2000 2 dimensi

    saya pernah lihat punya developer bangunan yang belum jadi tapi brosurnya kayak sudah ada bangunannya

  • nasrullah

    saya sarankan anda lebih baik menggunakan autodesk revit architectural versi baru karena anda dapat dengan mudah membentuk struktur rumah dan jika anda ingin mengetahui RAB nya, maka anda menggunakan autodesk quantity take off

    thanx