Autodesk AEC 2009 Press Release

Sepertinya Autodesk betul-betul serius mengembangkan BIM sebagai andalannya. Beberapa waktu yang lalu, Autodesk mengakuisisi dua perusahaan software yang dapat berintegrasi dengan Revit. Yaitu Robobat (untuk analisis struktur dan working drawings) dan Green Building Studio (untuk analisis Green Building). Saya berandai-andai kalau kedua software ini diintegrasikan ke Revit Structure dan Revit MEP… ini akan menjadi pukulan besar bagi aplikasi BIM lain. Meskipun, katakanlah Autodesk mengeluarkan versi Series (tanpa tambahan software analisis) dan Pro (dengan analisis) dengan beda US$ 1000-2000… Saya tidak tahu ke mana arah akuisisi kedua perusahaan itu. Tapi akan sangat menyenangkan kalau yang saya impikan itu benar.

Baru-baru ini saya membaca Autodesk press release tentang produk-produk AEC – BIM 2009. Salah satu yang membuat saya senang, sekarang Revit Architecture akhirnya meninggalkan rendering AccuRender, beralih ke MentalRay! Saya memang pernah mendengar ‘bocoran’ kalau AccuRender emang rencananya akan diganti dengan MentalRay, namun terhambat masalah legal. Revit Inc. (sebelum diakuisisi Autodesk) sudah terlanjur membuat agreement dengan AccuRender. Sampai agreement itu habis, tidak ada yang dapat dilakukan dengan renderingnya. Dan sepertinya agreement ini sudah berakhir.

Bayangkan anda punya software BIM, dan dapat merendernya sekualitas 3ds Max! Ya, mentalray memang render engine yang digunakan juga di 3ds Max. Bagi saya pribadi, ini akan menutupi kelemahan terbesar Revit selama ini… yaitu rendering. Memang Autodesk menyediakan Revit link di 3ds Max, agar model Revit dapat di render di Max. Tapi kalau satu bisa semua, kenapa harus beli dua? Kenapa harus belajar dua software? Saya yakin ini akan menyaingi rendering ‘indirect ilumination’ di Bentley Architecture dan ArchiCAD. Kalau tidak bisa dibilang mengalahkannya.

Masih beberapa bulan lagi versi 2009 keluar. Jika ingin coba mengintip press release dari Autodesk, bisa coba baca di sini.

Tunggu terus updatenya di Semua tentang CAD!







  • jsit

    Salam kenal, Pak Edo.
    Saya tertarik ulasan bapak. Bisakah saya dapat alamat email bapak. Trims.

  • pak edo tolong kirim berita-berita tentang cad yang terbaru ke mail saya

    terimakasih sebelumnya

    salam kenal ya pak edo

  • Rizki hermadhani

    Saya mau tanya buku manual atau tutorial program revit MAP 2008,qra2 bs sy dpatkan dmana?
    trims

  • Edo

    Maksudnya mungkin Revit MEP?
    Sebetulnya kalau install programnya ada kok tutorialnya di sana. Coba aja.