Mencari Luas 3D Polyline

Masalah ini sempat hangat di milis Cadclub. Pertanyaan dari mas Sugeng tentang bagaimana caranya menghitung luas area dalam perimeter yang dibentuk oleh 3D polyline. Banyak masukan yang diberikan oleh para member.

Mas Ade membuatkan AutoLISP untuk menghitungnya. Hasilnya adalah luas area yang diproyeksikan pada bidang datar. Bukan luas area mengikuti elevasi lahan. Cara ini yang kemudian dinobatkan sebagai jawara oleh mas Sugeng :) Karena pertimbangan kemudahan, tidak butuh software tambahan selain AutoCAD, dan dapat dilakukan di AutoCAD versi mana saja.Mas Raka menganjurkan menggunakan Civil 3D saja. Mas Burik kemudian mengimel saya, menyumbangkan tutorial cara menghitungnya dengan Civil3D di bawah ini. Terima kasih atas sumbangan artikelnya mas Burik.

Saya sendiri menganjurkan dengan menggunakan loft dan thicken. Sayangnya baru bisa dilakukan dengan AutoCAD 2007 ke atas. Untuk area proyeksi datarnya saya anjurkan di flatten ke format dxb, atau menggunakan fitur flatten dari Express Tools. Setelah jadi polyline 2D tertutup, tentu mudah menghitung areanya.

Jika ingin tahu lebih jauh, mungkin keterangan di bawah ini bisa membantu. Mas Burik, saya edit ya artikelnya. Terima kasih buat masukannya.


Dengan Civil3DPertama yang dilakukan mas Burik adalah membuat surface dengan menggunakan context menu dari browser Civil3D.


Klik OK pada dialog yang muncul. Selanjutnya mas Burik membuat TIN dengan menambahkan polyline tersebut sebagai breaklines.


Isikan deskripsi yang sesuai pada dialog yang muncul, lalu pilihlah polyline tersebut. TIN akan ditampilkan bentuknya. Pada contoh ini, seperti berikut.

Untuk mengetahui luasnya, pilih surface, klik kanan, dan pilih surface properties. Anda bisa melihat data yang dibutuhkan di sana.


Dengan Membuat Loft dan Thicken

Untuk dapat membuat loft, saya harus mempunyai setidaknya dua section. Jadi saya break at a point, lalu saya LOFT dengan memilih kedua section. Surface sudah jadi, namun untuk menghitung area, saya harus menjadikannya solid. Karena itu saya THICKEN untuk mengubahnya jadi solid. Nilai yang saya ambil untuk thicknessnya sekecil mungkin, 0.001 hingga bisa diabaikan. Inquiry area pada solid, akan menghitung luas seluruh permukaan solid. Karena itu sisi-sisinya saya ambil setipis mungkin.Setelah itu saya inquiry dengan AREA. Hasil ini saya bagi dua, karena area itu adalah luas atas dan bawah solid.







  • ade saepul falah

    saya mau cari sofware autocad maping