Membuat library komponen Revit dari 2D Drawings

Ini masih masalah library. Hanya saja kasusnya kali ini kita tidak punya file 3D-nya. Dalam format DWG, skp (sketchup) atau file 3D apapun. Anda mungkin sudah mulai menyerah, dan mengeluh bahwa anda harus membuat model 3D-nya untuk library anda.

Tunggu dulu! Seberapa pentingkah model 3D ini bagi anda? Apakah anda memang butuh untuk menampilkan bentuk 3D-nya? Jika jawabnya tidak, dan anda hanya butuh untuk menampilkannya pada denah, tampak, dan potongan… sebetulnya anda tidak perlu membuat model 3D-nya. Misalnya saya angkat kasus toilet jongkok. Siapa yang butuh membuat perspektif kamar mandi dengan toilet jongkok? Hampir tidak ada!

Downloadlah file ini untuk tutorial kali ini. Sama dengan sebelumnya, ini file DWG… hanya saja 2D.

Bukalah Revit, buat family baru. Gunakan template metric plumbing fixture.rft.

Kita lakukan hal yang sama dengan sebelumnya. Import cad format, pilihlah file DWG wc jongkok-atas.dwg. Jangan lupa atur agar positioningnya menjadi origin-to-origin. Toilet jongkok tampak atas sudah jadi. Pilihlah drawing yang baru diimport tersebut, klik visibility dari option bar. Pastikan pilihan front/back dan left/right dimatikan. Kita hanya butuh melihat objek ini dari atas bukan?

Bukalah elevation view: front. Lakukan hal yang sama, gunakan file wc jongkok – depan.dwg. Untuk visibility, pastikan hanya front/back yang aktif.

Terakhir, tambahkan wc jongkok – samping pada elevation view:right. Untuk visibility, pastikan hanya left/right yang aktif.

Simpanlah file ini dengan nama yang sesuai. Klik load into project pada design bar. Pilihlah project yang anda inginkan… Cobalah letakkan dengan menggunakan tool component dari basic TAB di design bar.


Pelajarilah pada setiap view anda. Anda sudah punya view plan, elevation, dan front view!!! Ujilah dengan membuat beberapa komponen, dan buatlah schedulenya. Bahkan anda dapat menghitung jumlah komponen yang diletakkan, meskipun hanya 2D.

Ok… sampai di sini kita sudah menyadari bahwa 3D tidaklah selalu berarti segalanya. Jika anda membutuhkan plan view, front/back view, dan right/left view… dan tentu saja schedule… 2D masih bisa bicara banyak!