Membaca artikel Semua tentang CAD via RSS Reader

Salah satu keuntungan weblog (atau lebih sering disebut blog saja) adalah fasilitas RSS. Apa itu RSS?

Menurut artikel di Wikipedia, ini adalah defenisi RSS:

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol:

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.

Kita dapat mengetahui apakah ada artikel terbaru di sebuah blog atau situs berita, tanpa harus bolak-balik membuka situs tersebut. Kita dapat melihat hanya judul, atau sebagian isi artikel tersebut sebelum memutuskan untuk membacanya.

Kenapa RSS menjadi penting? Coba baca keuntungan menggunakan RSS di sini. RSS sama halnya dengan mengikuti mailing list atau subscribe ke situs tertentu untuk menerima update. Hanya saja RSS reader tidak membutuhkan alamat email untuk menerima update tersebut. Ini tentu saja mengurangi kemungkinan email anda terekspose keluar dan kemudian berkemungkinan menerima email SPAM. Hanya saja, anda harus menginstall RSS agregator untuk membaca update via RSS. Untuk aggregator yang dapat anda pakai, bisa lihat di sini. Saya sendiri menggunakan Thunderbird. Selain dapat digunakan untuk RSS reader, saya juga menggunakannya sebagai email client. Hasilnya? Saya dapat membaca headlines dari belasan situs sebelum memutuskan untuk membacanya.

RSS

Tentang CAD juga menyediakan RSS agar anda dapat membaca artikel yang ada tanpa harus membuka situs atau mendownload seluruh artikel via email. Icon di atas pada memuat alamat feed untuk blog ini. Saya paham bahwa artikel-artikel di blog ini mungkin tidak selalu menarik bagi anda. Seorang arsitek tentu tidak tertarik membaca artikel tentang Inventor, dan Revit tidak menarik bagi mereka yang bergerak di bidang manufaktur. Fasilitas RSS mungkin akan berguna bagi anda untuk tetap dapat memeriksa update tanpa bolak-balik membuka situs atau memenuhi inbox anda.

Happy reading!