Kapankah Saya Butuh Network License?

Saya ingin membahas mengenai masalah ini karena pertanyaan tentang ini sering sekali muncul. Mungkin software lain punya konsep yang berbeda, namun beberapa aplikasi CAD yang pernah saya temui memiliki konsep yang sama.

Apakah menggunakan network license biayanya lebih murah?
Tidak. Harga network license minimal sama dengan standalone license. Aplikasi Autodesk membutuhkan biaya tambahan untuk license server managementnya. Sementara aplikasi lain membutuhkan anda me-maintain sebuah license server khusus. Pendeknya harga per-license network lebih mahal dari per-license standalone.

Saya membeli 2 license, apakah bisa digunakan di banyak PC?
Ya. Tapi perlu diingat bahwa sifatnya adalah concurent. Jadi kalau anda punya 2 license, hanya dua komputer yang dapat menjalankannya pada saat yang bersamaan. Meskipun anda dapat menginstallnya di 10 PC, jika telah dijalankan di 2 PC berbeda… PC lain tidak lagi dapat menggunakannya.

Lalu, apa keuntungan Network License?
Untuk engineering company yang besar, anda mungkin punya 50 user yang butuh software CAD. Namun tidak selalu menggunakannya sepanjang hari. Dan rata-rata pada saat yang bersamaan, katakanlah hanya 30 orang yang menggunakannya secara bersamaan. Jika kasusnya seperti ini, akan lebih menguntungkan jika anda membeli 30 network license daripada 50 standalone license. Atau mungkin kasus yang sama untuk di site office, beberapa engineer mungkin hanya menghabiskan waktu 2-3 jam menggunakan CAD, sementara sisanya di lapangan.
Namun jika anda punya 10 user yang selama 8 jam kerja menggunakannya secara terus-menerus, standalone license akan lebih sesuai bagi anda.

Bagaimana Konsep Kerja Network License?
Berbeda dengan Standalone License yang masing-masing license disimpan di setiap PC, Network license disimpan di server. Aplikasi Autodesk tidak membutuhkan server khusus, sebuah PC biasa dapat anda gunakan sebagai license server. Namun ada aplikasi lain yang membutuhkan server sesungguhnya (dengan sistem operasi Windows Server) yang butuh maintenance khusus. Pada saat satu PC client mengaktifkan aplikasi CAD, server akan mendistribusikan license yang dimilikinya ke PC tersebut. Jika license yang dimiliki server sudah didistribusikan semua, PC lain tidak lagi dapat mengaktifkan aplikasinya.

Berarti Saya Harus Selalu Terhubung dengan Server?
Ya. Karena anda bekerja dengan network license, anda harus selalu terhubung dengan server. Baik dengan LAN atau WAN, atau koneksi lain yang memungkinkan ke server. Ini salah satu kerugian menggunakan network license. Karena jika server rusak, license yang ada di server tersebut tidak dapat digunakan. Bayangkan jika server menyimpan 50 license!

Bagaimana jika Saya Butuh Bekerja di Luar lingkungan Network?
Jika anda harus bekerja di luar lingkungan network, tidak tersambung ke server, anda dapat ‘meminjam’ license dari server. Jika server punya 5 license, maka akan berkurang menjadi 4 sampai anda mengembalikan license tersebut.







  • Royzani

    Bagaimana cara mengaktivkan Autocad 2009?
    > ketika saya install Autocad 2009, saya menggunakan standalone license dan berhasil. akan tetapi terdapat adanya batasan pemakaian software autocad 2009 yaitu 14 hari.dan ketika batasan tersebut terlewati Autocad saya tidak bisa dijalankan.
    > utk mengaktivkannya lagi saya udah coba masukin code register yang ada di crak CD, tapi tetap tidak berhasil di aktifkan. bagaimana solusinya ya?
    terima kasih

  • http://tentangcad.com Edo

    Wah, kalau crack jangan minta di sini Pak :D
    Silahkan kontak yang jual aja…

  • revalney

    Buset daahh….,hihihiih…crack is a kind of pirated bro..

    Pm ajeh :D