Berapa Lamakah Butuh Waktu untuk Rendering?

Ini mungkin sering jadi pertanyaan bagi yang sering mengerjakan project realistic rendering. Mungkin berkembang juga ke pertanyaan apakah merender dengan 3Ds Max lebih cepat? Dibandingkan AutoCAD, Maxwell, Vue, AccuRender, Artlantis… dan bisa diurutkan daftar panjang semua software yang mampu merender…

Sebetulnya jawabnya mudah: tergantung. Waktu rendering bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Yang saya rasa semua sudah tahu, pastinya kemampuan hardware yang dipakai. Kalau ada yang bilang rendering pake Max lebih cepat, coba tanyakan… apakah dia pernah benchmark di komputer yang sama dengan model yang sama menggunakan software lain?

Ada beberapa algoritma yang digunakan untuk raytracing dan kalkulasi cahaya. Memang ada perbedaan waktu render untuk metode yang berbeda tersebut. Tapi umumnya waktu render lebih ditentukan hal-hal berikut:

  • Kualitas rendering. Pastinya rendering dengan resolusi tinggi akan makan waktu lebih banyak dari resolusi rendah. Kalkulasi indirect light, soft shadows, dan berbagai parameter rendering yang mempengaruhi kualitas hasil render lain juga berpengaruh.
  • Jenis objek. Objek solid dapat lebih cepat dirender ketimbang objek mesh. Karena jumlah facenya bisa lebih sedikit… tapi ini relatif juga sama cara pembuatannya. RPC lebih cepat dirender dari objek yang dibuat sesungguhnya. Makin kompleks objek yang ada, makin lama renderingnya. Karena itu saya pikir rendering dengan AutoCAD bisa saja lebih cepat dibandingkan Max. Karena objek Max umumnya surface dan mesh, sementara di AutoCAD umumnya orang menggunakan solid.
  • Material. Material yang reflektif akan memakan waktu lebih lama, terutama jika menggunakan kalkulasi cahaya seperti indirect illumination, particle trace, atau radiosity. Kaca akan memakan waktu render lebih lama jika dibuat ‘two sided material‘. Karena itu saya sarankan untuk merender dengan material putih flat untuk pengaturan cahaya. Setelah lighting cocok, baru material di apply.
  • Jumlah lighting. Ada baiknya tidak benar-benar memasang setiap titik lampu dengan light. Tapi cukup beberapa saja untuk memperoleh efek cahaya yang diinginkan. Untuk efek objek berpendar (menyala) dapat menggunakan self illumination.
Mungkin ada beberapa hal lain yang ingin anda tambahkan?







  • saudhi

    mas q minta tolong gimana cara dapetin tutorialnya rendering pake 3ds max. q mohon bantuannya….!!!! trimakasih.