Bag. 8 – Mendefenisikan workplane

Posting pertama di tahun 2008 :)

Sampai saat ini anda sudah mempelajari bagaimana membuat skecth pada face dan origin plane. Namun pada saatnya kelak, anda akan membutuhkan untuk membuat sketch pada plane diluar face dan origin. Untuk itu, anda harus membuat sendiri workplane baru.

Membuat workplane tidak sulit. Anda dapat melakukannya rata-rata dengan dua kali klik. Misalnya jika anda ingin membuat workplane tangent dengan silinder. Anda cukup mengklik plane yang paralel dengan yang ingin anda buat, lalu mengklik sisi silinder yang ingin anda tempatkan plane tersebut. Berturut-turut no (1) dan (2) pada gambar berikut. Ingat, anda dapat mengklik origin plane pada browser!
Untuk lebih lengkapnya tentang cara-cara membuat workplane, anda dapat melihatnya pada help file, klik create a workplane dari daftar isi help Inventor.


Untuk lebih detail tentang membuatnya, klik reference pada artikel help yang ditampilkan.

Membuat workplane merupakan salah satu bagian terpenting dalam membuat part Inventor. Saya tidak akan membahas terlalu jauh tentang placed feature. Mungkin hanya sekedar summary saja.

Jika anda telah menguasai sketch, constraint, dan workplane, lainnya tidak akan sulit bagi anda. Jika anda belum menguasai tiga hal tersebut dengan baik, anda mungkin akan menemukan banyak kesulitan dalam membuat part.