Bag. 6 – Menggunakan Origin sebagai Workplane

Sesudah cukup lama membahas Revit, sekarang saya akan coba kembali lengkapi tutorial Inventor. Mudah-mudahan file latihan sebelumnya masih di simpan, karena kita akan teruskan mengembangkan part tersebut.

Di tutorial tentang constraint, saya menyinggung tentang mengusahakan part ada di tengah-tengah titik 0,0. Kita akan lihat kenapa.

Selama ini kita telah membuat sketch dengan memanfaatkan face dari part untuk workplane. Workplane atau bidang kerja adalah bidang tempat kita membuat sketch. Jika anda menguasai AutoCAD 3D, tentu anda ingat bagaimana anda hanya bisa menggambar di bidang XY. Anda harus memutar-mutar UCS agar dapat menggambar pada orientasi yang berbeda.

Tidak jauh berbeda dengan AutoCAD, saat anda memilih face untuk menggambar sketch pun, anda sebetulnya melakukan hal yang sama dengan memutar UCS. Namun tentu, lebih mudah. Yang jadi pertanyaan sekarang, bagaimana kalau kita perlu membuat sketch di luar face?

Perhatikan pada browser bar. Klik tanda (+) di sebelah origin. Cobalah gerakkan pointer di atas plane yang ada. Perhatikan bahwa pada drawing anda akan melihat plane tersebut. Secara default, saat anda membuat part, Inventor akan langsung membuat sketch pada XY plane. Itulah yang pertama anda lihat saat membuat part baru.


Klik kanan pada XY plane, pilih new sketch. Tekan [F7] untuk menyembunyikan bagian part yang menutupi sketch.


Tekan [page up] untuk mengaktifkan lookup. Dan klik XY plane pada browser.

Aktifkan project geometry. Saat anda bekerja dengan menggunakan face sebagai workplane, Inventor akan langsung memproyeksikan face itu ke sketch. Namun kali ini kita menggunakan XY Plane. Jadi harus diproyeksikan manual.

Klik pada bagian atas silinder seperti gambar berikut. Anda akan melihat garis proyeksi berwarna hijau.

Selanjutnya buatlah rectangle seperti gambar berikut. Ingatlah bahwa rectangle itu ditengah-tengah silinder. Gunakan constraint!


Klik return pada toobar Inventor untuk mengakhiri sketch. Aktifkan extrude. Extrude dengan ketebalan 90 mm ke kedua arah.


Perhatikan bahwa kita memperoleh bentuk yang salah. Seharusnya kita membuat extrusion ini terlebih dahulu sebelum melubanginya. Sehingga extrusion ini juga dilubangi.

Jangan khawatir. Kita tidak perlu mengedit sejauh itu. Klik dan drag extrusion ini sampai ke atas extrusion yang membentuk hole.


Perhatikan sekarang extrusion anda sudah diatur ulang posisinya. Dan tentunya part kita telah menjadi benar.