Bag. 5 – Mengubah parameter part

Sampai saat ini, anda mungkin telah memahami bagaimana konsep membuat part modeling di Inventor. Pada dasarnya, anda membuat part feature, pertama kali dengan sketch, dan menambahkan part feature lain. Part feature tambahan dapat dibuat dari sketch ataupun dengan placed feature.

Sekarang bagaimana mengedit desain anda?

Mengedit desain bukanlah pekerjaan yang sulit di Inventor. Tidak seperti modeling 3D AutoCAD, parameter parts dapat diubah kapan saja.

Pertama, cobalah perhatikan browser. Klik tanda (+) di sebelah nama part feature untuk mengexpandnya. Gerakkan pointer anda di atas part feature atau sketch. Perhatikan pada drawing area, Inventor akan menunjukkan part feature atau sketch dengan menghighlightnya.

Klik Extrusion2. Klik kanan mouse, dan pilihlah edit feature. Ubahlah tinggi extrusion menjadi 38 mm. Klik OK.


Sekarang cobalah klik kanan sketch3, pilih edit sketch. Anda akan kembali masuk ke mode sketch dan melihat sketch3 kembali. Ubahlah diameter circle menjadi 30mm. Klik return untuk kembali ke part modeling.

Terakhir, klik parameters pada panel bar. Ubahlah parameter thickness yang anda defenisikan di latihan sebelumnya. Ubahlah dari 12 menjadi 10mm. Klik Done. Jika anda memiliki banyak parameter yang akan sering anda ubah, merupakan ide bagus kalau anda memberikan nama pada parameter ini. Nama dimension pun dapat anda ubah.

Anda harus mengklik update pada toolbar untuk menerima perubahan ini.

Sampai saat ini, anda mestinya telah cukup memahami konsep dimension dan geometric constraint :)