Bag. 4 – Menggunakan Constraint pada Feature Tambahan

Sama di tutorial bag. 1, kita akan menambahkan part feature dengan menggunakan sketch.

Pertama-tama periksalah pada application option. Bukalah melalui menu tools>application options… Pada TAB Sketch, pastikan Autoproject edges for sketch creation and edit. aktif. Aktifkan jika belum. Klik OK.

Klik rotate untuk memutar display anda. Putarlah sampai kira-kira seperti gambar berikut.


Tekan spasi untuk mengganti mode rotate. Klik tanda panah yang arahnya vertikal membelakangi anda (warna merah pada gambar berikut). Posisi isometric akan dikoreksi sedikit.

Klik kanan, pilihlah Redefine Isometric. Dengan demikian, setiap kali anda menekan [F6], Inventor akan memutar ke view ini.

Klik sketch, dan pilih face berikut. Tekan [Page Up], dan pilih face yang sama.


Buatlah circle dengan diameter 70 mm seperti berikut. Gunakan dimension untuk mengubah ukurannya. Jangan pikirkan posisi persisnya terlebih dahulu.


Perhatikan bahwa ada line berbentuk rectangle dengan warna hijau. Line ini adalah projection dari face yang kita pilih.

Aktifkan constraint vertical, dan klik center dari circle, dan midpoint dari garis horizontal. Ini akan meletakkan circle ditengah-tengah secara horizontal. Lakukan hal yang sama untuk meletakkannya ditengah-tengah secara vertical. Gunakan constraint horizontal.


Klik Return untuk mengakhiri sketch. Tekan [F6] untuk melihat isometric.

Aktifkan extrude. Karena sketch memiliki beberapa bentuk tertutup, anda harus memilihnya. Gerakkan pointer ke dalam lingkaran tersebut, Inventor akan menunjukkan area yang dipilih dengan warna merah. Berikan tinggi extrusion 50 mm.

Buatlah extrusion ke dua arah. Klik OK.

Aktifkan sketch, pilihlah face silinder yang baru anda buat untuk bidang kerjanya. Buatlah lingkaran konsentrik dengan silinder tersebut. Pilihlah center dari lingkaran hijau yang ada sebagai center lingkaran anda. Inventor akan otomatis memberikan constraint concentric. Berikan diameter 25 mm. Extrude dengan ketinggian 8mm.

Ubahlah pilihan extrusion menjadi cut untuk memotong solid yang ada. Perhatikan dialog dan preview di bawah.


Putarlah view sampai anda dapat melihat face silinder di bagian bawahnya. Buat kembali sketch circle yang concentric. Buat dengan diameter 50 mm. Extrude dengan tinggi 32 mm.

Perhatikan bahwa anda hampir selalu bekerja dengan sketch untuk membuat part feature. Sketch dan constraint sangat vital

Sekarang kita akan mencoba menambahkan placed feature berupa fillet. Aktifkan fillet, ubah radius menjadi 25 mm. Pilihlah keempat sudut part ini.