Bag. 2 – Mengenal Geometric dan Dimension Constraint

Pada bagian pertama tutorial Inventor, anda telah membuat sketch dengan menggunakan sistem koordinat global dan koordinat relative. Dan di bagian akhir, anda membuat sketch dengan menggunakan dimension constraint.

Geometric dan dimension constraint merupakan hal yang sangat vital dalam mendesain parts. Anda akan lihat bahwa menggunakan constraint jauh lebih powerful dan lebih mudah daripada menggunakan precise input.

Geometric constraint dapat diberikan pada geometri yang sudah ada, atau pada saat membuat geometri. Cobalah anda membuat sketch sembarang dengan lines, pada posisi tertentu ada simbol horizontal, paralel, concentric, perpendicular, paralel, atau mungkin simbol constraint lainnya.

Jika anda membuat geometri saat simbol ini muncul, constraint secara otomatis diberikan pada geometri tersebut.

Apa itu constraint, akan kita coba lihat pada ilustrasi berikut.

Berikut adalah sebuah line yang sama sekali tidak memiliki constraint. Perhatikan apa yang terjadi saat grip pada end point didrag.


Sekarang pada geometri ini ditambahkan constraint vertical.


Aktifkan constraint vertical, dan pilih line yang dibuat sebelumnya. Garis tersebut akan segera berubah menjadi garis vertikal. Kali ini kita akan coba kembali mendrag gripnya.


Perhatikan bahwa constraint akan mempertahankan bentuk garis menjadi selalu vertikal. Hal ini juga berlaku untuk constraint lainnya.

Constraint perpendicular akan mempertahankan dua garis selalu saling tegak lurus. Constraint parallel akan selalu mempertahankan dua garis parallel selalu saling sejajar.

Dimension juga merupakan constraint, namun yang dipertahankan oleh dimension adalah panjang/jarak dan sudut geometri.

Bentuk geometri ini masih bisa berubah. Jika anda perhatikan pada bagian kanan status bar, ada keterangan ‘3 dimensions needed’. Jika anda telah memberikan constraint sehingga seluruh bentuk geometri tidak lagi dapat berubah, pada status bar tersebut akan tertulis ‘fully constraint’.

Untuk lebih jelasnya fungsi masing-masing constraint, cobalah baca help file tentang ini. Di bagian selanjutnya saya akan coba membahasnya dengan studi kasus.