Text Field

Text field merupakan teks yang memuat properti dari drawing, object, atau data-data lain yang terdapat di komputer anda. Teks field akan diupdate secara otomatis saat data tersebut berubah. Hal ini tentu akan sangat membantu untuk properti yang sering harus diupdate.
Misalnya, pada border kita sering memuat data nama file atau tanggal cetak drawing tersebut. Atau data-data tentang project seperti nama project, digambar oleh, judul gambar, dan sebagainya. Beberapa properti dimiliki oleh drawing itu sendiri, atau fitur lain seperti sheet sets. Bahkan kita dapat menampilkan properti objek seperti layer, area, perimeter, dan sebagainya. Bagaimana cara menggunakan field? Dari menu pilih insert field… Field juga dapat ditambahkan pada single line text, multi line text, multileader, attribute, dan semua komponen yang menggunakan teks lainnya. Saat mode mengetik aktif, tekan [CTRL] + [F] atau klik kanan pilih insert field dari context menu. Kapan nilai field ini akan diubah? Secara otomatis, diatur pada parameter FIELDEVAL, yaitu dengan pengaturan berikut: 0: Tidak diupdate, kecuali dengan cara manual 1: Updated saat open file 2: Updated pada saat save file 4: Updated pada saat plot 8: Updated pada saat menggunakan ETRANSMIT 16: Updated pada saat melakukan REGEN atau secara manual, anda dapat mengetikkan UPDATEFIELD pada command line. Pada contoh ini, saya memasukkan field untuk waktu terakhir saya menyimpan. Saat saya save, nilai field akan berubah menjadi waktu saat itu.

  • NENDI P

    Boleh ikut bertanya pak.
    Saya pengguna auto CAD pemula belum paham cara menggunakan TEXT FIELD untuk memasukan titik 2 koordinat.langkah langkah penggunaannya secara rinci. terimakasih sebelumnya semoga bapak mengerti apa yang saya maksud

  • Pingback: Aplikasi Gambar Berbasis Vektor « Multimedia()

  • yg ini saya blm pernah coba, tp klu buat properties file yg akan slalu tercetak lokasi, jam,tanggal saya lebih suka RTEXT, karea g perlu buat berulang2 setiap lembar tinggal tempelin beres saya pake ini “$(getvar, “dwgprefix”) $(getvar, “dwgname”) $(edtime, 0, MON DD”,
    “YYYY – H:MMam/pm)”.
    sharing aja bos…

  • trijoko

    terima kasih infonya pak, saya pikir lebih simple ini dari pada R-tex, terutama jika kita memerlukan update pada isi text..