Menggunakan Drawing Template

Drawing template jarang sekali digunakan, di AutoCAD, orang lebih suka menggunakan insert block, atau drag and drop dari Design Center (tapi jarang saya lihat) dan bahkan dari file yang sudah jadi… dihapus yang tidak perlu, lalu di save as! Ini adalah cara kerja yang kurang bagus menurut saya. Seringkali dengan mengikuti pola kerja seperti ini mengakibatkan file menjadi corrupt. Hal ini tidak hanya bagi pengguna AutoCAD, tapi juga pengguna aplikasi lainnya. Di aplikasi Autodesk, semua menggunakan template. Di Bentley MicroStation, kita akan mengenal seed file. Sama saja, hanya beda istilah. Kalau sudah menggunakan aplikasi vertikal (meminjam istilah Autodesk) kita akan lebih menghargai template ini.

Kenapa menggunakan template? Template pada dasarnya file drawing juga.Pendeknya begini… kalau saya menggambar dari sketch, saya akan selalu membuat standar-standar seperti style (baik teks, dimension, multileader, atau lainnya), layer-layer (atau level di MicroStation) dan propertinya, lalu mungkin juga layout yang juga dilengkapi border, dll. Hal ini tentunya tidak praktis kalau saya ulang setiap kali membuat gambar baru. Selain itu, standar saya belum tentu akan sama antara gambar satu dengan lainnya.

Karena itulah saya membuat template. Saya cukup buat satu kali file baru, saya tetapkan standar style, layer, dan layout saya. Lalu saya simpan sebagai titik awal pekerjaan saya. Hanya saja file ini saya simpan sebagai DWT atau jenis file template lain.

Jadi kalau tanpa template saya harus mulai dari A, B, C, D… sampai Z… dengan template saya mungkin bisa mulai langsung dari F, G, H, … sampai Z.

Merupakan ide yang bagus kalau template diletakkan pada satu folder network, sehingga dapat digunakan bersama-sama oleh rekan satu tim. Dan jangan lupa untuk mengganti pada option, file yang dijadikan template kalau kita membuka AutoCAD. Dan juga untuk QNEW.

  • Sobiryn Jaka Sonjaya

    bos,
    gimana caranya memindahkan tool view dari layter auto cad sedangkan tidak bisa di taro di pinggir layer, apakah ada settingan nya yangsalah sata pake auto cad 2006. tolong di bantu karena setiap saya keluarkan view atau shade tidak bisa saya geser ke pinggir jadi intinya saya terganggu kalo posisi tool tersebut ada di tengah layer.

    • coba cari dilayar & buka gbr icon “gembok”, matikan centang pada docked toolbar/panel

  • Sobiryn Jaka Sonjaya

    dan bagaimana cara menutup dan membuka di layout untuk pengeprinannya, saya lupa,

  • Septian_dwicahya

    bagaimana sich pak cara setting layout?agar saat print kita tidak lagi buat ukuran kertas dan itiket gambar??Trims,saya mohon jawabanya?karena mungkin ini sangat membantu…

    • sesuai materi ini, dibuat templatenya..:) sdh bisa buat template? dari gambar master/baku yg sdh di setting layout & etiketnya, di save as dgn format dwt (.dwt).