Mengenal AutoCAD Workspace

Workspace sebetulnya sebuah konsep sederhana, namun seringkali cukup membantu.
Tujuan dari workspace adalah menyimpan posisi dan kondisi workspace (area kerja), termasuk semua toolbar, tool paletes, dashboard, dan menu. Toolbar mana yang terbuka, pallete ini harus dimana, apakah pallete ini harus di dock atau tidak, dan sebagainya.

Kenapa kita ingin mengubah-ubahnya?

  • Komputer yang kita gunakan mungkin tidak hanya kita sendiri yang menggunakannya. Setiap orang punya workspace kesukaan masing-masing. Dan mengganti-ganti workspace bisa merepotkan orang lain yang menggunakannya.
  • Untuk menyelesaikan tugas yang berbeda, kita butuh alat-alat yang berbeda pula. Saat saya membuat gambar detail 2D, tentunya toolbar dan pallete yang saya gunakan berbeda dibandingkan saat saya membuat 3D conceptual. Atau rendering misalnya. Bahkan, perusahaan yang memiliki cukup banyak costumized tools, akan butuh toolbar yang berbeda untuk desain yang berbeda (arsitektur, sipil, M/E, dan sebagainya).
  • Mungkin ada yang pernah punya alasan lain?
Bagaimana memanggil workspace yang telah disimpan? Cukup dengan memilihnya dari dropdown menu di toolbar workspace.
Untuk membuat workspace sendiri juga cukup mudah. Tampilkanlah toolbar, pallete, atau control panel pada dashboard yang diinginkan. Atur posisinya sampai anda merasa puas. Simpanlah workspace tersebut dengan memilih ‘save current as…’ dari dropdown menu. Mudah bukan?

Bagi anda yang telah akrab dengan CUI, juga dapat melakukan editing workspace pada CUI browser.

Dapat diaplikasikan pada: AutoCAD 2006 ke atas







  • rustiawan

    mas bagai mana caranya mengedit workspace….?
    terus kenapa kalau saya menambah icon standar cad kok tidak bisa digeser geser

  • Edo

    1. Mengedit workspace paling gampang dengan mengatur semua komponen workspace (toolbar, palletes, dll) lalu menyimpannya dengan memilih ‘save current as…’ pada toolbar workspace. Lalu saat diminta nama workspace, pilih nama workspace yang ingin di ubah.

    2. Maksudnya toolbar ya? Di kanan bawah, pada status bar ada simbol lock. Coba di unlock…

  • dadan

    Saya ingin belajar arsitek M/E.Bagaimana cara awal untuk mendesain Instalasi pada drawing yang belum ada dimensinya.apakah diameternya sesuai dengan yang ada dilapangan.dan bolehkah saya minta tutorial bagaimana menjadi seorang arsitek M/E yang bagus dan benar.mohon panduannya