Menerapkan Drawing Standard

Drawing Standard merupakan isu yang sangat penting beberapa tahun belakangan ini. Terutama bagi lingkungan corporate yang bergerak dalam multi disiplin engineering, dengan banyak CAD operator. Disadari atau tidak, semua orang punya standard. Bahkan orang yang bekerja sendirian pun menetapkan standard sendiri untuk mempermudah dirinya dalam bekerja. Di Amerika sendiri, AIA telah mengeluarkan beberapa standard seperti standar layer.

AutoCAD memiliki fitur CAD Standards untuk menjaga standarisasi ini. Standard yang dicek adalah dimension styles, layers, linetypes, dan text styles. Dengan fitur ini, kita dapat memperoleh warning, memeriksa standard, atau memperbaiki standard yang dilanggar (violated).

Bagaimana caranya? Sangat mudah. Pilih saja satu file DWG yang anda anggap mewakili standard yang diinginkan. Atau buat satu file DWG baru dengan styles dan layers yang anda inginkan. Tidak perlu ada bentuk geometri di dalamnya. Bisa dihapus jika perlu. Save as dengan tipe file DWS.


Dari menu AutoCAD, pilihlah tools>cad standards>configure…


Tambahkan file DWS yang ingin anda gunakan sebagai standard dengan menekan tombol +. Klik Check Standards…

AutoCAD akan memeriksa apakah drawing anda sesuai dengan standard. Jika ada violation, maka AutoCAD akan memberikan peringatan dan meminta anda memperbaikinya. Pilihlah yang style sesuai, dan klik FIX.


Jika drawing standards telah ditetapkan, setiap anda membuat layer baru atau style baru yang tidak sesuai dengan standard, AutoCAD akan memberikan peringatan pada Communication Center.


Tips:
Sebaiknya DWS (Drawing Standard) dan DWT (Drawing Template) memiliki standard yang sama. DWS digunakan hanya untuk memeriksa drawing dari luar lingkungan kerja anda.

  • Rizki

    Yup, drawing standard memang powerfull. Sering pake ini kalo udah dapet drawing dari kontraktor untuk menyamakan company standard biar gampang ngeditnya dan gak bertumpuk-tumpuk layernya. Juga untuk merubah layer-name hasil konvert 3d ke 2d pake Solprof (kasian deh belum punya Inventor :p ).

    Tapi untuk penerapan drawing standard ini kok kelihatannya susah ya di perusahaan Indonesia, mungkin di sini belum familiar profesi Cad Manager, gak seperti di Amrik sono.

  • http://tentangcad.com Edo

    Kalau di Indonesia sepertinya CAD Manager emang belum dikenal. Kadang dianggap CAD Manager itu gak diperlukan, karena sudah ada IT Manager :)
    Padahal keduanya punya tugas yang sangat berbeda…

  • hdro

    gmn sih kita nentukan standart penggambaran di auto cad,,,,swaktu saya bekerja saya kerepotan untuk mengedit file kerja cad teman saya,,soalny kami memeliki stadart penggabaran yang beda,,mis dimesion,skala,,text dll,,,apa ada solusinya??misalny kita buat standat gambar cad atau smcam gtu

    • Rizki

      Kalo ada lebih dari 1 drafter, solusinya ya musyawarah/duduk bareng untuk menyepakati standard yang akan dibuat dan bakal dibuat sebagai standard bersama. Pendekatan personal nih…. ;-)

      Kalo uda bisa musyawarah, tinggal ditentukan apa aja yang dijadikan standard (misalnya, untuk dimensi pake layer apa & gimana settingnya, style-nya gimana, title block-nya gimana , etc.)

      Satu catatan penting, standard pertama anda tidak perlu harus sempurna 100% dan menjadi baku-kaku, karena akan banyak memakan waktu untuk membuatnya, membuatnya bisa dimulai dengan kebiasaan setting yang digunakan.

      Akan lebih baik jika standard ini menjadi standard yang berkembang, sejalan dengan waktu, anda akan menemukan bagian-bagian mana yang perlu improvement, dengan begitu standard anda menjadi semakin baik.