Membuat Command Baru dengan CUI

Sejak AutoCAD 2006, AutoCAD tidak lagi menggunakan file mnu atau mns untuk kostumisasi. Namun menggunakan file CUI (costumize user interface) yang menggunakan basis file XML. Kita akan mencoba berkenalan sedikit dengan kostumisasi di AutoCAD 2006, 2007, dan 2008 ini.

Apakah file MNU dan MNS saya tidak bisa lagi dipakai?
Masih bisa. Kedua file ini dianggap sebagai ‘legacy’ dan dapat diintegrasikan dengan CUI. Meskipun MENULOAD masih ada, namun saya rasa tidak bijaksana menggunakannya. Lebih baik menggunakan fasilitas transfer dari CUI, dan menggabungkannya dengan menu baru di sana. Pilihlah open pada browser CUI, dan pilihlah tipe file menjadi MNS atau MNU.


Bagaimana Melakukan Kostumisasi dengan CUI?
Kostumisasi dapat dilakukan dengan mengakses menu: Tools>Costumize>Interface… atau mengetikkan CUI [enter] dari command line. Kira-kira browser inilah yang akan kita lihat.


Sebetulnya browser CUI ini jauh lebih mudah digunakan dibandingkan dulu. Kostumisasi lebih terstruktur, dan penggunaannya mirip dengan Windows Explorer.

Perhatikan bagian all costumization (1). Disinilah semua kostumisasi kita berada. Mulai dari toolbar, menu, shortcut keyboard (bukan dari acad.pgp), context menu (menu dari klik kanan mouse), double click mouse, dashboard (khusus AutoCAD 2008), dan beberapa kostumisasi lainnya. Kita bisa menambahkan atau mengurangi command dari setiap kategori tersebut.

Pada bagian command list (2), adalah dimana semua command berada. Disinilah kita mendefenisikan command baru.

Sebagai contoh, saya membuat satu command dengan nama ‘all by layer’. Command ini salah satu favorit saya, dengan satu kali klik, maka semua properties akan di set menjadi ‘ByLayer’. Klik kanan pada bagian command list, pilih new command. Klik kanan pada command baru itu, pilih rename. Berikan nama ‘All ByLayer’.


Pada bagian properties (3), kita akan mendefenisikan perintah apa yang harus dijalankan AutoCAD. Isikan macro berikut pada field macro:

^C^C(setvar “cecolor” “ByLayer”) (setvar “celweight” -1) (setvar “celtype” “ByLayer”)

Berikan deskripsi yang sesuai (optional) untuk mempermudah mengenali command ini.


Kita akan menambahkannya pada toolbar. Klik tanda (+) disebelah toolbar di all costumization (area no. 1). Scroll sampai grup properties tampak. Klik dan drag command yang baru di buat (pada area 3.) tadi ke grup properties ini.

Klik OK untuk menutup jendela CUI ini.

Seharusnya ada button tambahan pada toolbar seperti pada gambar berikut. Cobalah ubah properti color, linetype, dan lineweight menjadi selain ByLayer. Dan ujilah command baru ini. Cukup mudah bukan? (klik untuk melihat animasi)

  • http://cadesu.multiply.com Adesu

    Di kallimat ini
    “Kita akan menambahkannya pada toolbar. Klik tanda (+) disebelah toolbar di all costumization (area no. 1). Scroll sampai grup properties tampak. Klik dan drag command yang baru di buat (pada area 3.) tadi ke grup properties ini.”

    saya pakai acad 2009, kok lain ya ?

    • http://tentangcad.com Edo

      Saya udah coba, sama aja kok Abah… Beda di mananya?

  • http://cadesu.multiply.com Adesu

    Kalau tanda “+” yang di klik malah yang terbuka dialog “OPEN”, atau tanda “^” yang menghadap ke bawah ?

    • http://tentangcad.com Edo

      Kok beda ya? :-? Tanda plus itu seperti kita meng-expand folder di explorer. Drag n dropnya juga seperti proses kita mengkopi file di explorer… Di tempat saya gak ada tanda ^ ke atas atau ke bawah. Pdhl saya jg pake 2009…

  • http://cadesu.multiply.com Adesu

    Saya akan kirim via email, gambar jpgnya silahkan anda buka

  • http://cadesu.multiply.com Adesu

    OK mas sudah saya ketemukan dan saya sudah bisa mengatasi kesulitan ini, trims

    • http://tentangcad.com Edo

      OK, saya sudah buka emailnya. Udah betul kok Abah :)

  • sudar

    Kalau setelah selesai masukan command baru, saat apply keluar “CUI file ‘acad.cui’ is write protected” bagaimana menghilangkan “protected-nya”. bisa jelaskan apa yang terjadi dengan CAD-nya atau dengan sistem-nya.

    • http://tentangcad.com Edo

      ‘write protected’ itu biasanya ada masalah permission di sistemnya. Coba cek apa sudah login sebagai administrator di komputernya.

  • sobo kastowo

    Kok beda ya ?

    “Klik dan drag command yang baru di buat (pada area 3.) tadi ke grup properties ini.”

    Yang saya coba, command yang di drag dari Command List yang baru dibuat di Area 2 ke grup properties. (AutoCAD yang dipakai 2008)

    • http://tentangcad.com Edo

      Hmmm, betul. Dari area 2 ke area 1.
      Maksudnya command yang didefenisikan di area 3. Tapi sepertinya lebih jelas kalau dari 2 ke 1 ya?

  • tirta

    pada makronya dapetnya dari mana mas??

  • ISMAN

    Pak edo.. gmn ya cara membuat macro agar 3 perintah ini bisa digabung jadi 1, yaitu insert>block>nama block. misal kita ingin mengambil blok di drive d namanya kursi. sy coba “^C^C_insert_block d:kursi” tapi ga berhasil, mhn pencerahanya.. mksh sebelumnya

  • reo

    Bagaimana mengembalikan toolbar seperti file, edit, view. insert dll…di autocad saya toolbar2 tersebut hanya tinggal file, view, window, help..saya memakai autocad mech 2008. tetapi jika saya memakai account user yang lain autocad berjalan normal Terimakasih