Layer States

Layer states mulai dikenal di AutoCAD sejak versi 2000i. Dari namanya, mungkin beberapa dari anda sudah dapat menebak arti dari layer states: status layer. Memang kegunaan fitur ini adalah menyimpan dari status layer kita. Seringkali kita butuh untuk mengubah status layer, mem-freeze beberapa layer, mengubah warna layer, mengubah lineweight dari layer, dan sebagainya. Tujuannya adalah kita dapat merepresentasikan drawing kita dalam beberapa gambar, dengan objek yang dijadikan objek utama berbeda-beda.
Misalnya denah arsitektur, denah plafond, dan denah keyplan. Denah arsitektur menampilkan seluruh layer saya.
Sementara denah keyplan tidak menampilkan furniture dan objek-objek landscape. Dinding saya buat tipis lineweightnya, namun pintu dan jendela lebih tebal.
Di denah plafond, saya tidak menampilkan pintu dan jendela, juga tangga. Tapi saya ingin garis plafond lebih tebal.

Cara yang biasa dilakukan adalah membuat satu denah, lalu mengkopinya menjadi tiga denah yang berbeda. Lalu layer diatur ulang. Dengan layer states, saya bisa melakukannya dengan satu denah saja. Yang saya lakukan adalah menyimpan ‘status layer’ seperti yang dijabarkan di atas. Saya atur layer untuk menampilkan denah arsitektur, lalu menyimpannya sebagai satu ‘layer states’ dengan nama ‘denah arsitektur’.
Kemudian saya atur lagi layer-layer saya agar menampilkan denah keyplan. Saya simpan dalam layer states ‘keyplan’.
Demikian pula untuk denah plafond.
Perhatikan bagaimana saya dengan mudah bisa berpindah-pindah diantara ketiga denah, tanpa membuat duplikat denah, tanpa harus melakukan freeze atau mengubah warna/tebal garis layer! (Klik image untuk melihat animasi).


Bagaimana cara membuatnya? Pada AutoCAD 2007 ke atas dapat mengakses grup layer pada dashboard. Dengan memilih layer states dropdown list, lalu mengklik ‘new layer states’ (lihat animasi). Untuk versi sebelumnya dapat mengklik ‘Layer States Manager’ pada Layer Manager untuk mengontrol layer states.

Khusus bagi pengguna AutoCAD 2008, dapat menggunakan layer states dan menampilkannya sekaligus pada 3 viewport yang berbeda! Karena di AutoCAD 2008, kita dapat meng-override properti layer pada setiap viewport. Buat yang belum pakai AutoCAD 2008, mungkin ini bisa jadi salah satu motivasi untuk upgrade.

Untuk melihat animasinya, klik image di bawah.