Layer Properties per-Viewport

Saat bekerja pada layout di AutoCAD 2008, coba lah klik ganda pada viewport yang ada, untuk mengaktifkan viewport tersebut. Bukalah layer manager. Perhatikan ada sesuatu yang baru disana.Ketemu? Sekarang pada layer manager sudah ada tambahan kolom disebelah layer properties yang sudah kita kenal sebelumnya. Namanya persis sama, hanya ada tambahan VP disana. Jadi sekarang ada VP Freeze, VP Color, VP Linetype, dst. (klik image untuk memperbesar).


Kira-kira gunanya apa? VP merupakan singkatan dari viewport. Berarti sekarang kita bisa meng-override properti layer pada viewport tertentu. Misalnya, untuk layer dinding, default lineweight adalah 0.15. Tapi pada viewport tertentu saya mau lineweightnya menjadi 0.05. Atau pada viewport saya mau layer furniture difreeze, sementara pada viewport lain tetap ditampilkan.

Kenapa kita mau melakukan ini? Bukankah kita bisa melakukannya dengan XREF?
Ada kalanya menyembunyikan layer lebih efisien daripada menumpuk objek dengan XREF. Misalnya untuk denah keyplan pintu dengan denah arsitektur di bawah. Dulu saya harus menduplikat denah tersebut untuk menampilkan kedua denah tersebut bersamaan. Dengan mengoverride layer pada viewport, saya hanya butuh satu denah. Hanya pada denah keyplan, beberapa layer saya freeze. Lalu layer dinding saya buat tipis, sementara layer pintu dan jendela saya buat lebih tebal untuk mempertegas gambarnya. Gambar berikut adalah gambar yang sama, terletak pada satu layout, namun viewportnya berbeda.


Cukup berguna bukan?
Layer properties per-viewport juga bekerja dengan layer states, sehingga menjadi sangat menyenangkan.
Untuk menghilangkan overridenya? Kembali ke layer manager saat viewport aktif. Klik kanan pada layer list, pilih Remove Viewport Overrides for…







  • rere

    Mas, mau tanya..layer manager saya tdk bisa dibuka..sepertinya layer didalamnya terlalu banyak. Kira2 solusinya apa ya?
    Terima kasih sebelumnya.

  • Rizki

    Wah, kelihatannya habis insert banyak gambar nih. Coba pake printah Purge (ketik pu). Kalo udah keluar dialog boxnya, klik layer, terus klik purge.

    Tapi kalo tidak ada layer yang mau di-purge, berarti anda harus mengedit gambar tersebut biar ramping.

    Untuk merampingkan layer, bisa pake drawing standard salah satunya.

  • martin

    bagaimana cara menulis judul digambar( huruf) dalam gambar yang telah dibuat ?

  • Saipul

    Salam kenal pak…saya mau tanya, apa bapak tahu referensi judul buku Autocad land desktop development n kalau bisa sekaligus dengan penulisnya..soalnya saya kesulitan kalau mencari langsung ditoko buku & juga diwebsite…ok thanks sebelumnya..