Kalkulator Tinggi Text

Menghitung tinggi text memang sering membingungkan. Bersyukurlah yang sudah menggunakan AutoCAD 2008 karena sudah ada annotation scaling. Jadi gak pusing lagi menghitung berapa sih tinggi text di model supaya dicetak dengan ukuran yang pas…Berhubung di AutoCAD kalau mencetak hanya ada pilihan inch atau mm, kalau kita menggambar dengan unit lain (m atau cm), harus berpikir lagi buat text height.

Kalkulator sederhana dalam file Excel ini mungkin bisa membantu, atau setidaknya membantu memahami konsep scaling untuk text height. Tentu saja, unit cetak hanya untuk mm.

Sesudah download dan membuka filenya, coba ganti tinggi cetak (B4) dan unit kerja(C4) yang digunakan. Kalau ada skala yang lain, juga bisa diganti pada kolom E. Ukuran yang dibutuhkan ada di kolom F.







  • Rizki

    Mungkin agak kontroversial, tapi saya biasa membuat dimensi dan annotaion di layout (paper) space. Cocok untuk saya, tapi belum tentu untuk yang lain.

    Jadi gak pernah pusing untuk urusan tinggi text ini. Kecuali memang ada beberapa annotation yang gak berubah yang mau ditampilkan di beberapa viewport yang berbeda, baru ditaruh di model space. Tentu saja dengan memperhitungkan skala viewport

  • http://tentangcad.com Edo

    Bukan hal yang kontroversial kok :)
    Membuat anotasi di layout hal yang umum dilakukan, bahkan mungkin dianjurkan.
    Tapi memang belum tentu cocok untuk semua kondisi. Karena itu Adsk menambahkan fitur annotation scaling di Acad08