Excel Data Link

Anotasi merupakan bagian penting dari drawing. Tanpa anotasi, gambar kita sama sekali tidak komunikatif. AutoCAD 2008 banyak sekali mengembangkan fitur-fitur anotasi. Diantaranya tabel. Kita sudah melihat bagaimana tabel di AutoCAD semakin mirip dengan tabel di Microsoft Excel, dan multiline text semakin mirip dengan Microsoft Word.Di AutoCAD 2008, ada fasilitas baru yang namanya ‘datalink’. Dengan datalink ini, kita dapat meletakkan tabel data excel ke drawing. Dan karena namanya datalink, perubahan pada file Excel juga akan merubah nilai pada tabel ini. Dan berlaku sebaliknya: mengubah data pada tabel di AutoCAD akan mengubah data di file Excel!

Pada saat mengaktifkan perintah TABLE, di kotak dialog tabel, kita melihat salah satu pilihan pada grup insert options, adalah from a data link. Aktifkan pilihan tersebut.


Masih di grup insert options, klik launch the data link manager dialog.


Pada contoh ini, saya telah punya satu datalink. Kalau mau mendefenisikan data link baru, klik create a new excel data link. Berikan nama yang sesuai untuk data link ini. Misalnya data pintu-jendela. Klik OK. Pilihlah file Excel yang akan dibuat link. Kotak dialog kita kira-kira akan seperti ini. Perhatikan bahwa AutoCAD juga dapat membaca format multisheet pada Excel. Kalau memang sheet tersebut yang ingin ditampilkan, klik OK sampai semua kotak dialog tertutup. Letakkan tabel yang baru saja diimport.


Sekarang, bukalah Excel. Cobalah ubah salah satu data pada file Excel. Klik save. Ingat perubahan ini baru terbaca AutoCAD kalau sudah disave. Tutup Excel.

Cobalah kembali ke AutoCAD. AutoCAD akan memberikan peringatan bahwa data file Excel telah berubah. Klik link update tables yang diberikan. Perhatikan bahwa nilai pada tabel juga sudah berubah!

Sekarang kita akan coba mengubah data pada tabel AutoCAD. Pastikan file Excel dalam kondisi tertutup. AutoCAD tidak dapat melakukan write ke file tersebut dalam kondisi dibuka.

Tabel dari datalink merupakan objek yang di lock. Jadi kita tidak bisa langsung mengubahnya. Kita harus membuka locknya terlebih dahulu.Pilihlah salah satu cell pada tabel. Perhatikan bahwa pada pointer terdapat simbol data link dan simbol lock.
Klik kanan saat pointer di atas cell. Pilih dari context menu, locking, ubah menjadi unlocked.

Klik ganda pada cell untuk mengaktifkan editing. Ubah nilai yang ada.

Berbeda dengan mengubah file pada Excel, mengubah nilai pada AutoCAD tidak otomatis mengubah nilai pada file Excel. Klik kanan lagi pada cell tersebut, pilih data links>upload user changes to source file.

Bukalah kembali file Excel untuk memeriksa perubahan nilainya. Cukup membantu bukan?

Additional tips:
Tabel di AutoCAD dapat digunakan untuk perhitungan seperti di Excel, namun terbatas pada perhitungan sederhana seperti SUM, AVERAGE, dll. Kita juga dapat memasukkan gambar block pada cell. Ini biasa digunakan untuk membuat schedule.







  • ferry Harahap

    mohon info mengenai prnggambaran peta dengan autocad

  • Mh, saya coba pada acad 2009…….mantep, cuma masih agak berapa karena masih harus satu-satu.

  • taufik

    bantuin dong kalau untuk kombinasi antara excel dan autocadnya mas…cara membuat garis non linier dengan mengimpor data dari excel ke autocad…
    tolong ya mas…kalau bisa kirim jawabannya ke email saya…

  • Dhany

    bagaimana cara membuat link dari excel ke file jpg bos… tolong ya

  • Rabbani1508

    bismillah, mas tau ga’ link untuk dapetkan compiler script autocad, thanx