AutoCAD Tidak Akurat!

Pernahkah anda melihat hatch anda tampak kacau seperti gambar di bawah ini? Ini seharusnya hatch untuk concrete, tapi tampak segitiganya sama sekali tidak tertutup.

Kalau ini terjadi, biasanya juga terjadi masalah pada akurasi. Cobalah buat garis acuan, rotate drawing, lalu rotate kembali… maka kemungkinan besar objek anda tidak kembali seperti semula! Bisa juga diuji dengan menggambar dengan koordinat global untuk pengujian lebih lanjut.
Kenapa ini bisa terjadi? Ternyata ini adalah batasan dari aplikasi 32bit. Pernah saya ketemu orang yang bilang MicroStation tidak akurat. Kasusnya persis seperti ini. Batasan ini terjadi karena aplikasi 32bit tidak lagi menampung floating point untuk koordinatnya. Kasus ini muncul kalau drawing dibuat terlalu jauh dari titik 0,0. Umum dilakukan oleh kontraktor dan konsultan yang menggunakan koordinat global dan satuan drawingnya mm.
Bagaimana menghindarinya? Usahakan menggambar sedekat mungkin dengan titik 0,0. Dan kalau bisa, gunakan juga satuan yang lebih besar seperti m, atau bahkan km jika ingin menggunakan koordinat global.

  • Muhammad Jahroni

    Ok

  • moch hasyim

    mas tolong saya minta cara memotong lingkaran dan cara menghitung luas pada lingkaran