AutoCAD dan Photorealistic Rendering

Percayakah anda, bahwa image ini adalah hasil rendering dengan menggunakan AutoCAD?


Dan juga image ini?


AutoCAD mungkin program terakhir yang dipikirkan orang untuk membuat ‘photorealistic rendering’. Yang pertama-tama muncul dipikiran orang tentu saja 3Ds Max, Viz, mungkin juga Vue render atau Maxwell render. Buat pengguna aplikasi Archicad, tentu saja Artlantis.

Tidak salah memang, karena dulu rendering AutoCAD yang pakai scanlines rendering suka bikin ilfil. Renderingnya jauh dari bagus. Tapi sejak AutoCAD 2007, rendering AutoCAD sudah diperbaiki cukup signifikan. Sekarang AutoCAD menggunakan render engine ‘mental ray’… yang juga digunakan oleh 3Ds Max! Secara teoritis, tentu saja AutoCAD mampu menghasilkan photorealistic rendering sama baiknya dengan 3Ds Max.

Tapi AutoCAD masih memiliki keterbatasan… tentu saja. AutoCAD masih terbatas membuat animasi walkthrough sederhana. Belum mampu membuat scripted animation yang sederhana sekalipun. Tapi bagi para engineer, seringkali hal ini sudah cukup. Jarang ada yang betul-betul membuat animasi kompleks. Kebanyakan hanya still image saja. Menggunakan 3Ds Max untuk still image rendering… rasanya seperti membunuh nyamuk dengan bazooka :)

Melihat keseriusan Autodesk mengembangkan rendering AutoCAD, rasanya ada harapan AutoCAD dapat memenuhi kebutuhan arsitek dan desainer.

  • koesdewanto

    Salam kenal…. Gimana caranya supaya gambar hasil render dengan autocad tidak pecah?

    • Lukas

      gampang aja, jgn dibanting. ntar pecah…. ^_^
      OOT mode on

  • Lukas

    Mantap kali!!!

  • omre

    mas edo mang mantabbbbb…

  • trijoko

    trims artikelnya

  • Riverd Arch Buckmat

    om edwin.. render exterior autocad 2009 apa bisa sebagus sama gambar di atas,,??