Antar Muka Inventor

Inventor memiliki menu, standard toolbar, dan status bar yang merupakan standard dari aplikasi Windows compliant.


Ada dua bagian yang spesifik ada di antar muka Inventor, yaitu:
1. Panel Bar
2. Browser Bar

Panel bar merupakan tempat dimana anda dapat mengakses tools Inventor. Tools yang ditunjukkan spesifik untuk proses yang sedang dilakukan.


Jika anda sedang mengerjakan sketch, maka yang ditampilkan adalah tools sketch seperti line, circle, offset, dan lain-lain. Bagi anda yang telah familiar dengan AutoCAD, tentu telah familiar dengan tools sketch.
Jika anda sedang bekerja dengan part features, anda akan melihat tools untuk features seperti extrude, revolve, rib, dan sebagainya.

Browser bar menunjukkan hirarki dari part atau assembly yang anda buat. Setiap features dapat anda lihat posisinya pada browser bar, dan untuk editing, anda dapat memilih features yang ingin diedit dari browser bar.
Browser bar juga menunjukkan feature mana yang aktif. Perhatikan bahwa saat anda membuat/mengedit sketch, browser menunjukkan feature lain dalam warna abu-abu.

Saat pointer anda ada di atas feature di browser bar, anda juga dapat melihat bahwa feature tersebut dihighlight di drawing. Hal ini sangat berguna jika desain anda cukup kompleks.

Satu bagian lain yang tidak kalah penting adalah context menu (3). Context menu ada pada semua aplikasi Windows. Context menu juga hanya akan menampilkan menu yang sesuai dengan feature yang sedang anda kerjakan, atau anda pilih.
Anda dapat mengklik kanan pada bagian kosong drawing area, panel bar, atau browser bar. Untuk context menu yang lebih spesifik, anda dapat mengklik kanan saat pointer anda berada di atas feature di drawing area, atau pada browser bar.
Perhatikan pada gambar berikut, context menu digunakan untuk mengedit feature extrusion2.